asuransi travel, asuransi
asuransi travel perjalanan

Katipol.com – Asuransi Perjalanan atau Travel.  Bagi orang yang sibuk, tentu saja berlibur merupakan salah satu aktivitas yang tidak akan terlupakan untuk melepas penat sejenak dari rutinitas tempat kerja. Jika Anda sedang merencanakan perjalanan baik di dalam negeri dan luar negeri, ada baiknya Anda membeli asuransi perjalanan. Untuk menjamin kelancaran perjalanan/travel Anda.Di bawah ini ada beberapa tips asuransi perjalanan/travel.

Apa saja yang ditawarkan asuransi perjalanan/travel dapat Anda temui jawabannya, di bawah ini.

  1. Teliti Semua Fasilitas yang Ditawarkan

Tips memilih asuransi perjalanan/travel yang pertama adalah teliti semua fasilitas yang ditawarkan. Anda tentu tidak ingin perjalanan Anda menjadi tidak nyaman, karena beberapa hal yang mungkin dapat saja terjadi selama perjalanan, seperti kecelakaan misalnya sehingga membahayakan nyawa Anda. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membeli asuransi perjalanan sebelum melakukan perjalanan.

Sebelum membeli asuransi perjalanan, ada baiknya Anda mengetahui berapa pertanggungan yang akan dibayarkan perusahaan jika terjadi kecelakaan, apakah akan ada penggantian barang Anda yang hilang di bagasi pesawat terbang, dan lain sebagainya. Ketahui apa saja manfaat yang ditawarkan asuransi yang Anda pilih, sehingga Anda benar-benar tidak salah pilih.

  1. Bandingkan Produk Asuransi Perusahaan yang Satu dengan Perusahaan yang Lain

Jangan langsung tergoda pada satu jenis produk asuransi perjalanan. Ada baiknya, Anda mencari informasi tentang beberapa perusahaan asuransi dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan dari asuransi perjalanan tersebut.

Beberapa hal yang perlu Anda bandingkan dalam melihat beberapa produk asuransi perjalanan adalah mengenai premi yang harus dibayarkan serta fasilitas apa saja yang akan didapatkan, berapa lama jangka waktu yang diberikan dalam perlindungan tersebut, serta sampai wilayah mana pertanggungan atas terjadi kecelakaan misalnya.

  1. Tidak Menutup-nutupi Kondisi Kesehatan Anda

Jika Anda memiliki penyakit bawaan, hendaknya penyakit Anda dikonsultasikan terlebih dahulu pada pihak asuransi perjalanan. Apakah mereka menanggung resiko akan penyakit yang mungkin saja akan timbul saat perjalanan nantinya. Anda harus tahu, apakah perusahaan asuransi tersebut memberikan pertanggungan untuk kondisi kesehatan nasabah. Sebagian asuransi perjalanan tidak menanggung kondisi kesehatan pasien apabila terdapat penyakit bawaan dalam tumbuh, tidak termasuk dalam asuransi perjalanan. Namun demikian sebagian asuransi sudah menanggung masalah kondisi kesehatan pasien.

Jadi, sebelum Anda membeli produk asuransi perjalanan, pastikan dulu kondisi kesehatan Anda dan produk asuransi perjalanan yang tepat untuk Anda. Jika produk asuransi perjalanan tersebut tidak menanggung masalah kondisi kesehatan dan Anda memiliki penyakit, lebih baik persiapkan asuransi kesehatan atau produk asuransi perjalanan lainnya yang di dalammnya juga tertanggung masalah kondisi kesehatan.

  1. Mengetahui Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Tips memilih asuransi perjalanan/travel lainnya adalah dengan mengetahui cara klaim asuransi perjalanan. Jangan sampai saat terjadi musibah berupa kecelakaan, Anda benar-benar tidak mengerti bagaimana cara mengklaim asuransi perjalanan tersebut.

Jika diperhatikan kebanyakan perusahaan asuransi dalam pengajuan klaim menggunakan skema reimburse. Ini berarti apabila Anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan Anda jatuh sakit hingga masuk rumah sakit,  berobatlah di rumah sakit tersebut dan mintalah surat keterangan dari dokter. Surat keterangan dokter ini diminta untuk mempermudah proses klaim saat mengajukan klaim asuransi perjalanan Anda.

Anda perlu mengetahui kembali mengenai detail produk asuransi perjalanan yang akan Anda beli, yaitu berapa besar biaya pertanggungan, berapa lama jangka waktu asuransi perjalanan, di negara mana saja berlaku, bekerja sama dengan rumah sakit apa saja, hingga bagaimana cara mengklaim asuransi perjalanan.

  1. Sesuaikan dengan Keadaan Anda

Sesuaikan premi yang Anda miliki dan fasilitas yang akan Anda nikmati nantinya, merupakan tips memilih asuransi perjalanan/travel yang terakhir dapat dijabarkan pada kesempatan kali ini. Apa yang Anda inginkan dari sebuah asuransi perjalanan?  Pengobatan darurat, penggantian bagasi yang hilang di pesawat terbang, pemulangan jenazah,  evakuasi medis,  hingga perlindungan rumah saat ditinggal bepergian.

Semua fasilitas ini dapat Anda nikmati, dengan syarat Anda harus benar-benar tahu produk asuransi yang menawarkan ini semua pada Anda dengan perusahaan asuransi yang telah terbukti integritasnya. Namun, semakin banyak fasilitas produk asuransi perjalanan yang Anda inginkan maka akan semakin banyak pula jumlah premi yang harus Anda bayarkan. Pertimbangkan yang benar-benar sesuai dengan kondisi dan keadaan kantong Anda.

Demikan tips memilih asuransi perjalanan, semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang ingin traveling.