bpjs kesehatan
cara daftar bpjs kesehatan

Katipol.com – Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Atau langsung ke kantor BPJS. BPJS yang merupakan singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  Kesehatan yang dulunya bernama Askes (Asuransi Kesehatan) adalah salah satu lembaga yang dapat menanggung biaya kesehatan Anda nantinya. Perlunya memilikasi BPJS Kesehatan semakin disadari oleh masyarakat. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang memahami mekanisme cara daftar BPJS Kesehatan, sehingga masih banyak masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah yang tidak terdaftar dalam BJS kesehatan tersebut. Berikut cara daftar BPJS Kesehatan.

Daftar BPJS Kesehatan Secara Offline/Langsung ke Kantor

Anda dapat mendatangi kantor BPJS Kesehatan, sebelumnya Anda harus mengetahui mempersiapkan berkas yang Anda butuhkan nantinya dalam proses pendaftaran. Berkas yang dibutuhkan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Identitas diri (KTP, Paspor, dan lain sebagainya) yang masih berlaku
  • Kartu keluarga
  • Buku nikah
  • Fotokopi buku tabungan
  • Pas foto dua (2) lembar berukuran 3 x 4

Setelah Anda membawa dokumen yang diperlukan di atas, serahkan kepada pihak BPJS yang menangani masalah pendaftaran ini, setelah itu Anda akan diberikan formulir pendaftaran untuk diisi dengan biodata Anda. Isi formulir pendaftaran sesuai dengan berkas yang Anda miliki, jangan salah dalam mengisi sebab kesalahan data dengan kartu identitas diri misalnya dapat menjadi masalah di kemudian hari.

Setelah Anda selesai mengisi formulir pendaftaran tersebut, Anda akan memiliki virtual account yang dapat digunakan untuk membayar BPJS Kesehatan Anda setiap bulannya, serta juga dapat digunakan untuk klaim dana asuransi saat Anda jatuh sakit dan butuh dana. Akhirnya, Anda akan dipandu untuk melakukan pembayaran pada bank yang telah dianjurkan. Setelah Anda selesai melakukan pembayaran pada Bank yang dituju, maka Anda pergi ke kantor BPJS kembali, serahkan bukti transfer Anda, dan Anda tinggal menunggu kartu Anda selesai dicetak.

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan Secara Online

Jika Anda merasa lebih mudah mendaftarkan diri secara online dibandingkan offline. Silahkan Anda mendaftar online dengan cara mempersiapkan berkas yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berkas yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut.

  • Kartu identitas diri (KTP yang masih berlaku)
  • Kartu Keluarga
  • Kartu NPWP
  • Alamat email yang dapat dihubungi
  • Nomor Hp yang dapat dihubungi

Setelah Anda menyiapkan berkas-berkas tersebut, silahkan telusuri halaman website www.bpjs-kesehatan.go.id. Setelah Anda membuka laman tersebut, akan terlihat formulir pendaftaran yang harus Anda isikan sesuai dengan berkas Anda. Dilengkapi dengan pilihan kelas yang dapat Anda pilih yang meliputi Fasilitas kesehatan tingkat I juga dilengkapi dengan Fasilitas Kesehatan Gigi dengan beragam instansi yang dapat Anda pilih sebagai tempat rujukan, serta disediakan juga pilihan bagi Warga Negara Asing yang ingin mendapatkan BPJS di Indonesia.

Setelah Anda selesai mengisi bagian-bagian tersebut, kini saatnya menetapkan iuran yang Anda sanggupi setiap bulannya. Ada tiga kelas dimulai dari kelas III hingga kelas I dengan biaya yang berada di antara  Rp. 25.000 hingga Rp. 59.500 setiap bulannya. Jadi, Anda tinggal menyesuaikan sendiri dengan besar iuran untuk BPJS yang anda sanggupi dengan penghasilan Anda setiap bulannya.

Sampai di situ anda telah selesai cara daftar BPJS Kesehatan tersebut,  Anda tinggal menyimpan data yang Anda isikan kemudian tidak menunggu waktu lama, email pemberitahuan registrasi Anda yang berisi nomor registrasi akan tampil pada email Anda. Setelahnya Anda tinggal memprint lembar Virtual Account yang sudah jadi, kemudian seperti pada proses offline cara daftar BPJS Kesehatan, lakukan pembayaran pada Bank yang telah dianjurkan, setelah Anda selesai dalam mentransfer uang pada bank yang telah ditentukan tersebut, Anda mendapatkan bukti transfer lalu, selamat Anda telah terdaftar dalam BPJS Kesehatan. Anda tinggal mengecek e-mail untuk memastikan keanggotaan Anda dan cetak kartu Anda pada kantor BPJS terdekat di kota Anda.

Demikian cara daftar BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui. Ada baiknya untuk mendaftarkan BPJS Anda di awal bulan,  agar tidak mengalami kerugian. Selain itu, perhatikan pembayaran iuran Anda setiap bulannya paling lambat tanggal 10. Jika Anda terlambat maka akan dikenai sanksi sebanyak 2 %. Selamat menikmati layanan BPJS.