asuransi kesehatan, bni life
asuransi BNI Life

Katipol.com – Asuransi BNI Life, Asuransi kesehatan BNI sebagai bagian dari Asuransi BNI mempunyai sejarah panjang dalam melayani jaminan kesehatan di Indonesia. Asuransi ini didirikan pada tanggal 28 November 1996. Pendirinya adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan PT. Asuransi Jiwasraya. Kedua peruahaan di bidang keuangan ini menggabungkan diri karena mempunyai kekuatan yang dapat bersinergi. Bank BNI memiliki kekuatan modal dan sejarah panjang yang hampir setua republik ini dan Asuransi Jiwasraya yang memiliki pengalaman dan kepercayaan publik di bidang asuransi.  Karena perusahaan ini dibangun oleh dua perusahaan besar, pemegang sahamnya juga masih berhubungan dengan kedua perusahaan ini. Berikut ini pemegang saham utaman BNI life.

  • Bank BNI
  • Yayasan Danar Dana Swadhana
  • Yayasan Kesejahteraan Pegawai Bank BNI
  • Yayasan kesejahteraan karyawan Jiwasraya

Nama yang disepakati saat perusahaan ini didirikan adalah PT Asuransi Jiwa BNI Jiwasraya atau biasa disingkat BNI Life. Nama ini kemudian diubah menjadi PT BNI Life Insurance. Meskipun memakai nama asuransi jiwa, BNI Life tidak hanya melayani asuransi jiwa. Bidang yang dipayungi BNI Life adalah:

  • Asuransi jiwa, berupa asuransi ekawarsa/jangkawarsa, asuransi jiwa kredit, asuransi kecelakaan diri. Masing-masing unit asuransi itu mempunyai layanan syaruah.
  • Asuransi kesehatan BNI meliputi Blife health plan, Blife syariah health plan, Blife Optima medika, medcare, dan solusi sehat.
  • Asuransi kecelakaan diri, Blife prima fund dan prima fund executive.
  • Anuitas, Blife anuity.
  • Dana Pensiun, contohnya Blife Excecutive plan.

Salah satu produk asuransi kesehatan BNI yang menjadi andalan BNI life insurance adalah optima group health. Asuransi ini merpakan asuransi kumpulan, yang di berikan kepada karyawan perusahaan atau anggota institusi tertentu. Untuk setiap institusi paling sedikit 50 orang yang disertakan merupakan syarat wajib yang diberlakukakn oleh asuransi optima group health.

Asuransi kesehatan BNI life ini memberikan perlindungan utama rawat inap dan perlindungan pilihan rawat jalan, rawat gigi, kaca mata, dan melahirkan. Premi asuransi ini dibayar setiap satu tahun sekali oleh perusahaan atua institusi yang menjadi penanggung jawab. Masa asuransi berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang setiap tahunnya.

Asuransi kesehatan BNI Optima group health mempunyai keistimewaan peserta bebas memilih rumah sakit, klinik, apotek, dokter, dan fasilitas kesehatan lainnya asalakan mempunyai izin resmi dari pihak berwenang. Asuransi ini juga membebaskan peserta menggunakan salah satu dari tiga metode klaim yang ditawarkan. Adapaun metode klaim tersebut adalah:

  • Metode provider Show card BNI life, dengan metode ini, peserta bebas berobat ke seluruh rumah sakit provider BNI life hanya dengan menunjukkan kartu optima health yang masih berlaku. BNI life akan membayar semua biaya kesehatan selama masih sesuai plafon yang disetujui. Daftar rumah sakit provider program asuransi ini dapat dililhat di bni-life.co.id.
  • metode provider swipe card. Metode ini hanya dapat digunakan pada rumah sakit rekanan BNI life assurance yang menjadi anggota AdMedika. Saat berobat, peserta asuransi kesehatan BNI life hanya perlu menyerahkan kartu pada bagian administrasi rumah sakit. Dari kartu tersebut, rumah sakit dapat mengetahui sisa plafon yang dimiliki peserta asuransi. Peserta asuransi hanya boleh melakukan pengaobatan sesuai sisa plafon yang ada. Jika biaya pengobatan melebihi plafon, akan langsung ditagih oleh pihak rumah sakit.
  • Metode reimbursement. Metode ini terutama dilakukan jika peserta asuransi kesehatan BNI life melakukan pengobatan di luar rumah sakit provider BNI life assurance. Peserta akan membayar dahulu seluruh biaya pengobatan yang dilakukan. Setelah itu, peserta dapat mengajukan klaim terhadap BNI life assurance untuk mendapatkan penggantian.

Semua produk asuransi kesehatan BNI dan produk asuransi BNI life lainnya dapat diperoleh di kantor pusat BNI Life, kantor cabang, kantor pemasaran, agen asuransi BNI life, dan bank-bank yang bekerja sama dengan BNI Life. Adapun kantor pusat BNI life terdapat di BNI Life Tower, Lantai 21. The Landmark Centre. Jalan Jenderal Sudirman no. 1 Jakarta Selatan.