cupang halfmoon

Katipol.com – Cara Mudah Budidaya Cupang Halfmoon yang Baik dan Benar, Mungkin bagi pencinta jenis ikan hias, ikan ini merupakan ikan yang sering kita temui disetiap gerai penjualan ikan hias dan bahkan mungkin kita sudah pernah melihat kontes untuk ikan hias ini. Ikan hias ini memiliki ciri sirip ekor yang membentuk separoh lingkaran atau bagi pencinta ikan cupang ini disebut sebagai bulan sepotong. Kontes yang dilakukan untuk ikan cupang jenis halfmoon ini berbeda dengan jenis ikan cupang lainnya, jika ikan cupang yang lainnya dilakukan kontes dengan mengadu ikan cupang, pada kontes ikan cupang halfmoon ini dilakukan kontes dengan melihat keindahan dari sirip yang dimiliki oleh ikan cupang halfmoon.

Dan perlu kamu ketahui bahwa harga ikan cupang ini cukup mahal loh dari bibit kecilnya saja harganya dapat mencapai puluhan ribur rupiah loh dan jika sudah besar harganya dapat mencapai jutaan rupiah, di indonesia peminat ikan cupang jenis ini cukup banyak. Jika kita membudidayakan ikan ini mungkin kita bisa memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

Jika kita ingin membudidayakan ikan cupang halfmoon ini kemudahan yang kita peroleh adalah :

  1. Biaya operasional atau modal untuk memulai budidaya ikan cupang halfmoon ini tergolong sedikit
  2. Jumlah pakan yang diberikan untuk ikan cupang ini sedikit
  3. Ikan cupang ini tidak memerlukan perawatan yang ekstra, cukup dengan menjaga air agar tetap bersih dan teratur dalam memberikan pakan
  4. Budidaya ikan cupang halfmoon tidak memerlukan lahan yang luas untuk lokasinya
  5. Dan yang terakhir adalah harga jual ikan cupang ini cukup mahal dan laris dipasaran

Dari penjelasan yang kita uraikan diatas mungkin teman-teman tergiur untuk memulai berbudidaya ikan cupang ini, langsung saja kita akan mengupas secara tajam tapi bukan setajam silet loh :D, inilah dia Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Halfmoon yang Baik dan Benar

  1. Mempersiapkan wadah atau lokasi untuk budidaya

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Nah, dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa ikan cupang halfmoon ini dapat saja kita budidayakan dilokasi outdoor ataupun indoor, namun kami sarankan agar menggunakan lokasi indoor saja, agar lebih mudah dalam mengawasi ikan serta menghindari resiko lainnya.

  1. Mempersiapkan media yang digunakan untuk budidaya

Budidaya ikan cupang ini merupakan budidaya yang begitu simple dan tidak membutuhkan banyak biaya, terbukti karena untuk media budidaya ikan cupang ini kita bisa menggunakan bekas botol kaca bening semua ini tergantung seberapa besar modal anda. Tapi yang jelas secara dasarnya budidaya cupang ini umumnya dilakukan menggunakan media budidaya akuarium dengan ukuran 15 x 15 x 15 cm, ini merupakan ukuran minimal, jika anda ingin lebih luas anda dapat melakukannya. Setelah akuarium selesai anda juga harus menyediakan selang dan fiber. Nah setelah semua media selesai dan siap, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah anda harus mengisi akuarius tersebut dengan air jernih setelah itu endapkan air dalam akuarium tersebut, kita juga wajib meneteskan probiotik kedalam air agar lebih baik.

  1. Pemilihan indukan

Mungkin kita sering mendengar istilah orang tua yang hebat akan memperoleh anak yang baik pula, nah mungkin hal itu sama dengan pemilihan indukan cupang ini, agar kita memperoleh bibit-bibit cupang yang baik maka terlebih dahulu kita harus memilih indukan cupang yang baik agar menghasilkan bibit cupang yang bagus.

Kriteria indukan ikan cukup yang digolongkan baik untuk budidaya yaitu :

a. Pastikan indukan ikan cupang berumur dewasa

b. Memiliki corak warna yang sangat menarik dan cerah

c. Indukan cupang halfmoon harus sehat dan tidak cacat fisik

  1. Mempersiapkan Pakan yang diperlukan

Dalam pemberian pakan ikan cupang halfmoon ini tidak sulit, kita dapat memberikan pakan ikan cupang halfmoon ini dengan pelet atau yang alaminya cacing sutra. Namun kami sarankan agar ketika memberikan pakan dengan pelet ikan hias kepada ikan cupang halfmoon, anda harus memperhatikan takarannya dan usahakan agar ketika memberikan ikan cupang halfmoon dengan pakan pelet, pakan tersebut harus habis dimakan oleh cupang, karena jika tidak habis makan pelet yang sisa akan mengotori air dalam akuarium dan ini akan menyebabkan penyakit.

  1. Pemijahan ikan cupang

Ini merupakan proses pemisahan terlebih dahulu antara cupang halfmoon jantan dan cupang halfmoon betina. Proses ini bertujuan untuk menyeleksi bibit sebelum dimasukkan kedalam akuarium, sehingga perbandingan didalam akuarium sesuai antara cupang jantan dan betina.

Ciri-ciri cupang halfmoon jantan adalah cupang halfmoon jantan lebih cendrung memiliki gerak yang lincah dan agresif, ukuran sirip lebih besar dibandingkan betina, warna pada cupang jantan lebih menyala, serta ikan cupang jantan memilki alat genital jantan. Sedangkan ciri-ciri cupang halfmoon betina adalah gerakan pada betina cendrung lebih tenang, sirip betina tidak lebih besar dari jantan, warna sirip pada cupang halfmoon cendrung tidak terlalu terang, tidak memiliki alat genital dan perut gendut

  1. Menangani hama dan penyakit

Dalam setiap jenis budidaya pasti akan ada yang namanya hama, hama ini akan beresiko buruk jika kita tidak mampu menanganinya dengan cepat dan tepat. Hal utama untuk menangani agar ikan tidak kenak serang hama adalah dengan selalu menjaga kebersihan pada akuarium, karena jika air jorok maka air tersebut akan menyimpan kuman atau penyakit.

Berikut ini adalah jenis-jenis hama dan penyakit ikan cupang halfmoon :

  1. Jamur ikan
  2. Pop eye
  3. Velvet
  4. Inflamed gills, dllnya

Jika ikan cupang sudah terlanjur terkenak penyakit, tindakan yang harus kita lakukan adalah dengan mengasingkan ikan cupang yang terkenak penyakit tersebut kedalam 1 liter air yang sudah diberikan larutan NaCI 51% sekurang kurangnya dalam waktu 1 jam.

  1. Proses panen ikan cupang

Panen dalam budidaya ikan cupang ini bukan diambil dari kolam dan digoreng ia bro :D, tetapi kita akan menjual ikan cupang halfmoon tersebut kepasar dan kepecinta ikan cupang. Biasanya budidaya ikan cupang ini hanya membutuhkan waktu selama 3,5 bulan atau bahkan sampai 4 bulan. Nah, anda harus memisahkan ikan cupang halfmoon jantan dengan tampilan menarik agar harga jualnya mahal.

Demikian artikel kali ini mengenai Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Halfmoon yang Baik dan Benar, jangan lupa untuk diaplikasikan didunia nyata dan semoga sukses.