Home Budidaya Cara Budidaya Ikan Sidat dengan Mudah dan Efektif Menggunakan Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Sidat dengan Mudah dan Efektif Menggunakan Kolam Terpal

ikan sidat, budidaya ikan, ternak ikan

Katipol.com – Cara Budidaya Ikan Sidat dengan Mudah dan Efektif Menggunakan Kolam Terpal . Sebelum kita memulai budidaya ikan sidat ini, alangkah lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu ikan sidat, apa manfaat dan cici-ciri dari ikan sidat tersebut, ini bertujuan agar kita lebih mudah mengetahui dengan baik cara membudidayakan ikan ini. Ikan sidat ini termaksud ikan yang tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan, kita dapat memanfaatkan perkarangan rumah yang kosong untuk budidaya ini, dan untuk wadah atau kolam pembudidayaan kita tidak perlu membuat kolam permanen yang terbuat dari semen karena itu akan membutuhkan biaya yang cukup besar, cukup dengan kolam yang terbuat dari terpal maka kita sudah dapat membudidayakan ikan sidat ini.

Ikan sidat temasuk ke dalam famili Anguillidae dan dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan banyak nama daerah. Beberapa nama daerah tersebut antara lain ikan uling, masapi, moa, lumbon, larak, lubang, gateng, denong, mengaling, lara, luncah, sigili dan ikan pelus (Jawa). Dalam bahasa Inggris disebut Giant mottled Eel. (sumber : Wikipedia).

Ikan sidat ini mungkin belum terlalu banyak dikenal dipasaran, namun ikan sidat ini memiliki kandungan yang cukup banyak pada dagingnya. Menerut penelitian daging sidat mengandung Vitamin A sebanyak 4.700 IU/100gram kandungan vitamin A pada daging sidat ini diakui lebih tinggi bilang dibandingkan dengan sarden. Selain vitamin A, diketahui pula bahwa didalam daging sidat ini terdapat DHA dan EPA yang mana kandungan gizi ini jauh lebih tinggi dibandingkan kandungan pada ikan salmon dan tenggiling. Dengan perbandingan, jika DHA dan EPA pada ikan salmon 820mg/100g untuk DHA dan 492mg/100g untuk EPA maka pada ikan sidat DHA 1.337mg/100g dan EPA 742mg/100g.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara budidaya ikan sidat dan apa yang menjadi keunggulan dari kolam terpal untuk proses budidaya ikan sidat ini.

  1. Keunggulan Kolam Terpal

Sebelum kita melanjutkan ke cara budidaya ikan sidat ini, mungkin akan kami jelaskan sedikit mengenai keunggulan dari kolam terpal yang akan anda gunakan dalam proses budidaya ikan sidat ini.

a. Jika kita menggunakan kolam terpal kita dapat lebih menghemat modal, karena pembuatan kolam terpal tidak memakan banyak dana, seperti pembuatan kolam permanen.

b. Keunggulan selanjutnya dari kolam terpal adalah temperatur air yang ada dalam kolam ini cendrung lebih stabil

c. Untuk hasil dari budidaya sidat ini tidak akan berbau tanah

d. Tidak membutuhkan area yang luas untuk membangunnya, cukup menggunakan area perkarangan rumah yang kosong

e. Proses pemanena akan lebih mudah dengan kolam terpal ini

f. Kolam terpal ini lebih mudah untuk dibersihkan

  1. Cara Membuat Kolam Terpal

Dalam proses pembuatan kolam terpal ini sebenarnya cukup sederhana yaitu dengan terlebih dahulu anda membuat rangka kolam yang anda inginkan, pembuatan ini dapat menggunakan kayu ataupun besi. Disekitaran sisi-sisi rangka buatlah pagar yang terbuat dari kayu atau bambu. Selanjutnya adalah pemasangan terbal, sebelum terpal dipasang pastikan terlebih dahulu bawahnya dibuat alas, agar terhindar dari benda tajam yang akan membuat terpal bolong, alas yang digunakan bisa dari sekam maupun dari karpet. Setelah semua tersedia saatnya memasang terpal, yakni dengan mengikat terpal pada rangka yang sudah dibuat tadi.

Kita juga membutuhkan pompa air, filter kolam, batuan aerasi dan juga selang untuk udara, peralatan ini juga digunakan untuk pengaturan sirkulasi udara dan menjaga kebersihan air didalam kolam pembudidayaan. Setelah semuanya selesai dipasang, anda harus mengisi air kedalam kolam dan biarkan mengendap dalam waktu satu hari, ini bertujuan untuk menetralisirkan air didalam kolam, setelah satu hari buang air yang ada didalam kolam sebelumnya dan ganti dengan air bersih, setelah kolam terisi dengan air bersih anda sudah dapat untuk menebar benih ikan sidat yang akan di budidayakan kedalam kolam.

Konisi air yang baik untuk budidaya ikan sidat ini adalah :

  • Temperatur air dalam kolam harus berkisar antara 29 derajat celcius sampai 30 derajat celcius.
  • Air dalam kolam juga harus memiliki oksigen yang terlarut didalam air yakni antara ½ – 2½ ppm.
  • Air juga harus memiliki kandungan salinitas yakni antara 6-7ppt
  • Yang tidak kalah penting air juga harus memiliki kandungan pH, untuk sidat ini pH atau tingkat keasamannya adalah antara 7-8.
  1. Pemberian Pakan pada Ikan Sidat

Untuk perkembangan pertumbuhan ikan sidat, hal yang harus kita perhatikan dan kita jaga adalah pemberian jenis pakan yang akan dikonsumsi ikan. Disni anda disarankan agar memberikan pakan ikan sidat dengan cacing tanah, pelet yang memiliki kandungan protein lebih dari 40 % baik itu pelet yang tenggelam maupun yang mengapung, serta anda juga dapat memberikan pakan ikan sidat ini dengan udang dan kepiting yang masih hidup.

  1. Cara Budidaya Ikan Sidat Menggunakan Kolam Terpal

Setelah kita memahami penjelasan yang sudah diterangkan diatas dan menerapkannya dengan baik pada budidaya ikan sidat kita. Maka sebenarnya pembudidayan ikan sidat menggunakan kolam terpal ini ternyata tidak sulit. Namun sebelum nya anada juga harus memilih benih yang terbaik, tidak cacat dan lincah.

Berikut ini adalah cara singkat budidaya ikan sidat menggunakan kolam terpal :

  1. Anda harus menjaga kandungan air pada kolam terpal, karena kolam terpal cendrung lebih mudah menguap jika terkenak mata hari, untuk itu gunakan pompa air untuk menjaga kandungan oksigen dalam kolam.
  2. Ketika akan melakukan pemberian pangan pada ikan sidat, anda harus memastikan bahwa pompa air tidak dalam keadaan menyala, ini bertujuan agar pakan yang di berikan kedalam kolam tidak bergerak, karena ikan sidat akan kesulitan untuk memakannya.
  3. Pemberian pakan harus dilakukan secara teratur agar perkembangan ikan sidat dapat berjalan dengan baik.
  4. Jangan hanya memberikan pakan kimia dapat ikan sidat, sekali-sekali anda harus memberikan pakan yang alamin, seperti cacing, udang dan lainnya.

Jika anda ingin sukses dalam budidaya ini, lakukanlah caranya dengan baik dan teratur, jangan mudah puas dan tetap belajar kepada pertani-petani lain, agar lebih mengembangkan pontensi pembudidayaan ikan sidat anda. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

SHARE
Loading...
Previous articleCara Menanam Kacang Hijau Untuk Hasil Maksimal
Next articleCara Mudah Budidaya Ikan Nila Dengan Lokasi Yang Sempit