Home Budidaya Cara Memelihara Atau Budidaya Ikan Koi di Kolam Rumah Bagi Pemula

Cara Memelihara Atau Budidaya Ikan Koi di Kolam Rumah Bagi Pemula

memlihara ikan koi, budidaya ikan koi
cara memelihara budidaya ikan koi

Katipol.com – Cara Memelihara Atau Budidaya Ikan Koi Ikan Koi ini merupakan jenis ikan yang cendrung orang pelihara sebagai ikan hias yang sangat cantik dan indah jika dipelihara dirumah anda. Dan bagi beberapa orang berspekulasi bahwa dengan memelihara ikan koi ini dirumah akan dapat membawa keberuntungan. Wah keren ia siapa tau jika anda memelihara ikan koi ini anda bisa dapat istri banyak 😀

Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan.(Sumber. Wikipedia). Nah, dari penjelasan diatas apakah kamu tertarik untuk memelihara ikan koi ini dirumha? Jika kamu tertarik berikut ini adalah cara mudah memelihara ikan koi dikolam rumah bagi anda yang masih pemula.

1. Tingkat kedalaman kolam Ikan Koi

Pada kali ini kita akan membahas mengenai pemeliharan ikan koi didalam kolam rumah bukan didalam aquarium. Saat akan memelihara ikan koi didalam kolam ini terlebih dahulu anda pastikan kolam memiliki kedalaman yang cukup yaitu antara    80-90 cm, hal ini penting diperhatikan karena dengan kedalaman tersebut maka akan lebih dapat menjaga temperatur air agar tetap stabil ketika panas yang terik dan hujan dengan intensitas tinggi, fungsi lainnya yaitu jika kolam memiliki kedalam 80-90cm ini adalah menjaga keberadaann ikan koi didalam kolam tidak diganggu oleh hewan pengganggu yang dapat memangsa ikan koi.

2. Pemilihan Bibit Ikan Koi Yang Sehat

setelah anda menyelesaikan pembuatan kolam yang sesuai dan baik buat pemeliharaan ikan koi ini, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yang harus anda lakukan adalah pemilihan bibit ikan koi yang sehat dan tidak palsu. karena seperti yang diketahui saat ini permintaan akan ikan koi ini tergolong sangat banyak, namun untuk persediaannya dikalangan petani tidak begitu banyak, sehingga ada beberapa oknum yang memanfaatkan keadaan ini untuk membuat ikan koi yang palsu. dan untuk menghindari itu semua pada saat anda akan memilih bibit ikan koi berikut ini adalah ciri-ciri bibit ikan koi yang baik.

a. Bentuk tubuh

saat anda akan memilih bibit koi usahakan anda memilih yang memilki bentuk tubuh ideal, dengan memiliki perbandingan tinggi dan panjang tubuh ikan koi 1;2,3-3 dan anda juga harus memilih bentuk ikan koi yang bulat memanjang dan tidak terlalu gemuk. setelah itu anda juga harus memilih ikan koi yang berenang tenang dan seimbang. pilih ikan koi yang memiliki sirip dada dan perut yang sama besarnya, serta memiliki sirip ekor dan punggung memiliki ukuran profesional dengan tinggi dan panjang tubuh ikan koi. tidak hanya itu anda juga harus memilih ikan koi yang memiliki bentuk kepala, mulut, mata dan insang yang profesional dan serasi.

b. Warna dan pola

hal penting lainnya yang harus anda perhatikan saat ingin memilih bibit ikan koi yang akan dipelihara yakni anda harus memperhatikan pola warna yang cemerlang dan kontras, karena yang seperti diketahui ikan koi merupakan ikan yang memiliki warna pada tubuh yang cemerlang dan kontrak antar bagian

c. Kesehatan

anda harus jelih melihat dan memilih bibit ikan koi, untuk itu anda harus menghindari ikan koi yang tampak lesuh,memiliki gerakan renang yang lambat dan tidak seimbang atau banyak berdiam didalam dasar kolam saja. anda juga harus memilih ikan koi yang bersirip tegak jangan yang jatuh teruai. hindari juga ikan koi yang selalu menyendiri dari teman-temannya, karena seperti yang kita ketahui ikan koi merupakan ikan yang hidupnya berkelompok, dengan prilaku menyendiri tersebut bisa dianggap ikan koi itu memiliki penyakit.

3. Membuat pelindung kolam

Ketika anda memiliki kolam disekitaran rumah, namun kondisinya sangat terbuka anda perlu membuat pelindung bagi kolam tersebut. Hal ini dilakukan agar menjaga kolam tidak secara keseluruhan bagian kolam terkena sinar matahari langsung, agar temperatur air didalam kolam tetap terjaga. Selain membuat pelindung atau atap pada kolam tersebut, anda juga perlu meletakkan tumbuhan pelindung disekitaran pinggiran kolam ikan koi, saran kami tanaman yang anda pakai adalah teratai lili air, tanaman ini berfungsi membuat kolam menjadi teduh dan juga dapat memperindah kolam.

4. Membersihkan kolam dan menjaga kebersihan air

Dalam pemeliharaan ikan koi ini faktor kebersihan kolam dan juga air merupakan hal yang sangat penting. Karena ikan koi merupakan ikan yang hidup didalam air yang jernih dan bersih. untuk membersihkan kolam anda dapat menggunakan seser dan Jika anda memberikan pakan kepada ikan koin ini pastikan pakan yang diberikan habis jangan sampai tersisa didalam kolam, agar air dalam kolam tidak bau.

Didalam budidaya apapun faktor utama untuk berhasil adalah kualitas air, karena ikan memerlukan air untuk dapat bertahan hidup dan berkembang biak. Demikian pembahasan dalam artikel ini mengenai cara mudah memelihara ikan koi di Kolam Rumah dengan Mudah bagi Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai pemeliharaan ikan koi ini.

SHARE
Loading...
Previous articleCara Ternak Jangkrik Secara Efektif dan Mudah
Next articleTips Cara Budidaya Ikan Mas dengan Hasil Maksimal