Home Budidaya Cara Budidaya Burung Walet Rumahan Dengan Hasil Maksimal

Cara Budidaya Burung Walet Rumahan Dengan Hasil Maksimal

budidaya, sarang walet, burung walet
sarang walet

Katipol.com – Cara Budidaya Burung Walet Rumahan dengan Hasil Maksimal. Mungkin saat ini anda sudah mengetahui bahwa sarang burung walet merupakan sarang yang sangat memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan jika dikonsumsi. Dan perlu anda ketahui bahwa sarang burung walet ini memiliki harga yang cukup mahal dipasaran. Burung walet merupakan burung dengan sayap meruncing, berekor panjang, berwarna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna coklat. Burung walet hidup di pantai serta daerah permukiman, menghuni gua atau ruang besar, seperti bubungan kosong. (Wikipedia. Dikota kota besar mungkin anda sudah banya menemukan gedung tinggi yang dipergunakan untuk penangkaran burung walet ini.

Peluang Bisnis Burung Walet

Seperti yang anda ketahui sendiri bahwa harga sarang burung walet ini dan untuk pelung bisnis, penjualan sarang walet ini merupakan bisnis yang menjanjikan dan masih banyak peminatnya. Mungkin anda akan berfikir untuk memiliki gedung tinggi yang digunakan untuk walet bersarang, anda salah besar karena kali ini kita akan membahas mengenai budidaya sarang walet dengan rumahan. Langsung saja anda simak cara budidaya burung walet rumahan berikut ini.

  1. Pemilihan Lokasi

Burung walet merupakan burung yang memiliki sifat pemilih untuk membuat sarangnya dan ini semua ditentukan oleh lokasi. Agar sukses untuk budidaya ini alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kriteria lokasi yang disukai oleh walet.

Kriteria penentuan lokasi yang disukai oleh burung walet adalah burung walet tidak suka dengan keramaian, burung walet juga menyukai daerah yang dekat dengan sawah, rawa, sungai, pantai, danau dan lain sebagainya dengan kata lain walet lebih suka dengan lokasi yang dekat dengan alam bebas. Kita juga harus menghindari lokasi dari burung-burung luas pemangsa, dan untuk ketinggian maksimal yang perlu anda perhatikan adalah maksimal 100 meter dari permukaan laut.

  1. Mengatur Suasana

Dalam budidaya sarang burung walet ini faktor penentu keberhasilan lainnya adalah suasana rumah burung walet. Yang mana anda harus mengkondisikan rumah yang akan digunakan oleh burung walet untuk bersarang didesai seperti habit aslinya seperti mana mereka berada didalm gua, yang harus anda perhatikan juga adalah faktor kelembaban udara didalam rumah, tingkat pencahayaan,serta tingkat suhu udara didalam rumah pembudidayaan anda buat sebagai mana didalam gua, karena pada umumnya walet akan lebiih senang dikondisi tersebut.

Semua ini anda dapat melakukannya dengan membuat kolam yang berisi air untuk mengatur kelembaban dan suhu udara didalam rumah. Idealnya suhu udara didalam ruangan agar burung walet tertarik bersarang didalam rumah adalah berkisar antara 20-25 derajat celcius serta untuk kelembaban udara didalam rumah berkisar antara 90%. Dan jangan lupa juga untuk membuat lubang disekitaran dinding rumah yang mana lubang ini akan berfungsi untuk keluar masuknya burung.

  1. Cara Beternak Walet Rumahan

Secara realitanya sebenarnya dalam beternak walet ini tergolong susah-susah gampang, karena burung walet akan memilih rumah yang bisa membuat dia tertarik untuk bersarang. Dan agar buruk walet tertarik untuk bersarang didalam rumah anda, anda perlu melakukan beberapa tips berikut ini :

  1. Anda harus membuat tumpukan-tumpukan jerami yang mana ini akan berfungsi sebagai tempat menghuni hewan-hewan kecil seperti serangga dan lain sebaginya, dan ini akan membuat burung walet tertarik karena hewan-hewan yang menghuni dijerami tersbut akan menjadi pakan langsung bagi walet.
  2. Tips selanjutnya yang harus anda lakukan adalah anda harus memutar tape yang memperdengarkan suara burung walet, ini dilakukan pasti setiap sore hari yakni antara jam 4 sore hingga pukul 6 sore, karena pada jam segitu burung walet akan pulang tidur.

Jika tips diatas berhasil, makan burung walet akan secara otomatis masuk kedalam rumah dan mereka akan bersarang, sehingga kita pun tinggal menunggu panen saja. Ketika melakukan panen sarang burung walet terdapa 2 butir telur didalam sarang, nah telur ini dapat juga anda kembangbiak kan, yakni dengan cara menetaskan telur-telur tesebut.

SHARE
Loading...
Previous articleCara Menanam Kangkung Yang Baik dan Benar
Next articleCara Budidaya Ikan Patin, 5 Tahapan Dasar Penting Untuk Sukses Budidaya Ikan Patin