Home Budidaya Cara Budidaya Ikan Gurame Mulai Dari Pemijahan Hingga Panen Gurame

Cara Budidaya Ikan Gurame Mulai Dari Pemijahan Hingga Panen Gurame

budidaya ikan, ikan gurame, budidaya ikan gurame,

Katipol.com – Cara Budidaya Ikan GurameIkan gurame mungkin semua orang mengetahui jenis ikan yang satu ini, ikan yang memiliki daging yang gurih, enak dan manis ini menjadi favorite banyak orang diindonesia. Seperti yang diketahui juga harga jual dari ikan garame ini tergolong tinggi loh, apalagi sudah diolah menjadi berbagai jenis makanan, sudah dipastikan harganya jauh lebih mahal.

Ikan Gurami adalah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara dalam akuarium. Wikipedia

Prospek Bisnis Ikan Gurame

Mungkin saat ini anda bingung dan bertanya-tanya jika anda melakukan budidaya ikan gurame ini, apakah anda bisa untung atau tidak, dengan artikel kali ini mungkin akan dapat menjawab keraguan anda.

Pada saat ini budidaya ikan gurame merupakan budidaya yang memiliki prospek yang sangat baik karena saat ini permintaan pasar pada komoditi ikan gurame ini masih cukup tinggi dan hal ini tidak bekesinambungan dengan ketersediaan ikan gurame itulah sebabnya jika anda ingin budidaya ikan gurame ini, masih bisa dipastikan anda akan memperoleh untuk dan satu lagi harga dari ikan gurame ini tergolong yang paling stabil.

Disamping semua hal itu, untuk faktor budidaya ikan gurame sendiri tergolong sangat memadai dikawasan indonesia. Ini dibuktikan dengan masih tersedianya lahan yang luas, data dan informasi yang penting untuk budidaya ikan gurame ini masih cukup mamadai serta hal yang sangat penting lainnya adalah masih tersedianya pangan yang ada sepanjang waktu.

  1. Pemilihan Lokasi/kolam

Dalam pembudidayaan ikan gurame ini hal yang sangat penting untuk anda perhatikan adalah pemilihan lokasi yang cocok bagi budidaya ikan gurame ini, seperti yang diketahui bahwa ikan gurame merupakan ikan yang tidak dapat hidup disembarang tempat. Nah, untuk itu anda harus memperhatikan faktor lokasi yang cocok untuk budidaya ikan gurame ini yakni : kondisi tanah yang akan digunakan untuk kolam,oksigen, suhu tanah, tingkat keasaman air dan tingkat kesuburan air.

Berikut ini adalah syarat tumbuh optimal ikan gurame yang sangat penting yang harus anda ketahui.

  • Ketinggi tanah harus berkisar antara 20-500m dpl
  • Tanah harus memiliki kandungan pasir kurang lebih 40%,dan jenis tanah yang baik merupakan jenis tanah berstekstur liat yang gemur.
  • Suhu udara dilokasi budidaya berkisar antara 25-28 c
  • pH atau tingkat keasaman tanah yakni 6,5 sampai 7 dengan kesadahan 7 HD
  • Anda juga harus memastikan dilokasi budidaya oksigen harus memadai
  • Dan juga air memiliki kualitas baik dan bersih serta memiliki kandungan mineral dan zat hara yang tinggi
  1. Persiapan yang harus dipersiapkan saat akan memulai pembudidayaan

Sebelum anda memulai pembudidayaan ikan gurame ini ada beberapa hal penting yang perlu anda persiapkan untuk memulai budidaya ini diantaranya adalah pembuatan kolam. Kondisi kolam yang baik merupakan faktor penentu dari semua keberhasilan budidaya ikan gurame ini, untuk itu anda harus mempersiapkan kolam yang terbaik untuk budidaya ikan gurame ini, ada beberapa kolam yang harus anda persiapkan diantaranya adalah.

1. Kolam perawatan

Kolam ini memiliki fungsi sebagai langkah awal untuk mematangkan telur dan merawat kesehatan dari indukan. Untuk ukuran kolam ini 10 m2 dengan memiliki kedalaman 50 cm untuk kapasitas isi didalam kolam 20 ekor ikan gurame betina dan 10 ekor ikan gurame jantan.

2. Kolam pemijahan

Kolam berikutnya adalah kolam pemijahan dengan memiliki ukuran 200-300m2 kedalaman yang diperlukan untuk kolam ini adalah 2-10 meter persegi dengan kedalaman ideal kolam adalah 75-100 cm serta memiliki suhu air sebesar 24-28c

3. Kolam pembesaran

Kolam ini difungsikan untuk proses pemeliharan dan pembesaran ikan hingga panen. Pada kolam ini diisi sebanyak 10 ekor atau semaksimalnya adalah sebanyak 20 ekor permeter persegi.

Setelah semua ini selesai dibuat, peralatan lainnya yang dibutuhkan saat akan memulai budidaya ikan gurame ini adalah substrat tempat bertelut, aerator, alat pengangkutan,alat penangkapan, kapur,pupuk, pakan serta obat-obatan yang digunakan untuk antisipasi jika ada penyakit yang terjadi pada ikan.

  1. Pembenihan Ikan Gurame

Langkah berikut ini adalah langkah yang mencangkup beberapa kegiatan penting lainnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, diantaranya adalah pemeliharaan induk ikan gurame, pemijahan, menetaskan telur dan perawatan larva. Yang mana larva yang berumur 12-30 hari akan dirawat sampai bobotnya mencapai maksimal yaitu 10-15g/ekor atau berumur 4 bulan. Setelah benih sudah sebesar ini maka benih sudah siap untuk didederkan.

  1. Pendederan Ikan Gurame

Langkah ini adalah langkah yang meliputi kegiatan pemeliharaan benih hingga sampai berukuran 10-15g/ekor sampai dengan ukuran 150g/ekor. Bagian pendederan ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting diantara tiga bagian.

  1. Proses Pembersaran Ikan Gurame

Tahapan ini merupakan tahapan lanjutan dari tahapan sebelumnya yaitu tahapan pendederan, yang mana benih hasil pendederan akan dibesarkan sehingga ikan akan mencapai ukuran minimal konsumsi dengan bobot maksimalnya adalah 500g/ekor. Namun pada kenyataannya ukuran bobot maksimal ini dapat ditentukan oleh pasar anda. Karena pada praktek kenyataannya ada beberapa konsumen yang memita ukuran berat ikan gurame ini lebih besar.

  1. Proses Pemanena

Setelah mencapai bobot maksimal pada ikan(jika tidak ada permintaan konsumen dengan berat tertentu) proses selanjutnya yang harus anda lakukan adalah proses pemanenan ikan gurame, untuk proses pemanenan ikan gurame ini  disarankan agar dilakukan pada pagi hari yakni pukul 05.00-08.00 hal ini bertujuan agar ikan tetap segar dan tidak stress.

Pemanenan ikan gurame ini cukup sederhana, yakni cukup dengan mengosongkan air didalam kolam ikan, setelah itu anda lakukan penangkapan ikan menggunakan serokan atau alat lainnya yang dapat membantu pengambilan ikan dan disarankan agar kondisi ikan tidak ada yang luka, agar harga jualnya tetap tinggi.

Demikian artikel mengenai cara terbaik budidaya ikan gurame ini, selamat mencoba, tetap terus belajar dan semoga sukses. Karena inti dari setiap budidaya adalah kerja keras, ulet dan memiliki pengetahuan yang cukup untuk budidaya yang akan dijalankan.

SHARE
Loading...
Previous articleTips Cara Budidaya Ikan Mas dengan Hasil Maksimal
Next articleCara Budidaya Semangka dengan Baik untuk Hasil Maksimal