Beranda Budidaya Cara Budidaya Semangka dengan Baik untuk Hasil Maksimal

Cara Budidaya Semangka dengan Baik untuk Hasil Maksimal

budidaya semangka
cara budidaya semangka

Katipol.com – Cara Budidaya Semangka dengan Baik untuk Hasil Maksimal. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai budidaya semangka ini, sebelumnya kita harus terlebih dahulu mengetahu apa itu semangak dan bagaimana prospek usaha budidaya semangka ini kedepannya. Seperti yang kita ketahui bersama semangka merupakan buah yang berbentuk bulat dan ada juga yang lonjong, buah ini memiliki kulit luar yang tebal berwarna hijau dan isi didalamnya cendrung memiliki warna merah walaupun sebenarnya buah semangka ini ada juga yang memiliki warna kuning. Diindonesia sendiri buah semangka ini merupakan buah yang memiliki pangsa pasar yang stabil karena buah ini sudah menjadi buah wajib untuk dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Nah, untuk itu jika anda ingin budidaya semangka ini mungkin anda juga salah satu yang akan memiliki keuntungan tersebut.

Semangka atau tembikai adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Wikipedia.

Nah, buah semangka ini memiliki banyak fungsi diantaranya :

  1. Buah semangka ini memiliki anti-oksidan lycopene yang mana kandungan ini berfungsi untuk melawan radikal bebas yang ada didalam tubuh.
  2. Buah semangka juga memiliki kandungan detoksifikasi yang mana kandungan ini berfungsi untuk meningkatkan produksi urin.
  3. Buah semangka ini juga dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan didalam tubuh
  4. Menjaga kesehatan mata
  5. Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung
  6. Meningkatkan fungsi seksual
  7. Membantu tidur lebih lelap.

Nah, dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa buah semangka ini masih memiliki pangsa pasar yang sangat kuat dan juga stabil, karena buah ini memiliki banyak sekali fungsi sehingga buah ini masih menjadi kesukaan konsumen. Dan berikut ini akan kami sampaikan Cara Budidaya Semangka dengan Baik untuk Hasil Maksimal.

  1. Proses Pemilihan Lahan Budidaya Semangka

Agar budidaya semangka ini dapat berhasil, hal yang menjadi penentu utama pada budidaya ini adalah faktor pemilihan lahan, karena lahan yang baik dan juga subur akan membuat semangka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pada budidaya semangka ini, lahan yang baik adalah lahan yang memiliki suhu sekitar 25-30 derajat celcius untuk proses tumbuhnya biji semangka serta memerlukan suhu 25 derajat celcius untuk proses pembuahan dan untuk mendapatkan buah yang masak sempurna, semangka memerlukan suhu 30 derajat celcius.

Dalam budidaya semangka ini, cara pengelohan lahan merupakan hal yang harus diperhatikan dengan baik, jika lahan tidak berpasir anda harus mengolah lahan agar menjadi gembur, namun jika lahan yang anda miliki sudah memiliki kandungan pasir anda sudah tidak perlu lagi untuk melakukan pengolahan khusus. Setelah lah siap selanjutnya yang harus anda lakukan adalah pembuatan bedengan yang mana bedengan ini akan berfungsi sebagai tempat untuk menanam biji semangka, anda juga disarankan agar menggunakan pupuk kandang karena penggunaan pupuk ini dapat meningkatkan kesuburan tanah yang akan dapat membantu perkembangan semangka dengan baik. Untuk jarak tanam dalam budidaya semangka ini adalah 100cm dengan memiliki lebar setiap bedengan 3 meter untuk sistem yang digunakan adalah sistem tunggal, dan 6-7 meter untuk sistem ganda, untuk tinggi bedengan yang baik adalah 50 cm.

  1. Persiapan Bibit Semangka yang Baik

Faktor kesuksesan budidaya semangka yang berikutnya adalah pemilihan bibit semangka yang baik, bibit yang baik adalah bibit yang akan menghasilkan buah yang baik pula. Anda dapat memperoleh bibit yang berkualitas ditoko-toko penjualan bibit tanaman. Dan amda juga melakukan pembibitan sendiri yakni dengan menyemai biji buah semangka yakni dengan cara dibasahi dan diperam didalam kertas koran selama 1-2hari. Setelah itu biji akan berkecambah kemudian anda pindahan kemedia pesemaian. Bibit yang memiliki akar sepanjang 2mm dapat disemai didalam polibag dengan kedalam 1-2cm. Posisikan polibag agar tekenak sinar matahari dan jangan lupa untuk menyiramnya sebanyak 1-2 kali dalam sehari dan setalah 12-15 hari bibit sudah dapat dipindahkan kelahan pembudidayaan.

  1. Pemindahan Bibit Kelahan Pembudidayan semangka

Setelah proses pesemaian dilakukan dan biji sudah tumbuh menjadi benih langka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah pemindahan benih kelahan pembudidayaan. Dengan cara penanaman sistem tunggal yakni dengan jarak ideal 90-100cm x 3 meter dan untuk penggunakan sistem tanam ganda yakni 90-100cm x 6- meter.

  1. Proses Pemupukan semangka

Setelah proses penanaman dilahan budidaya selesai dilakukan langkah selanjutnya yang juga sangat penting untuk dilakukan adalah proses pemupukan. Untuk pemupukan sendiri dapat dilakukan dengan pemberian pupuk kandang, anda harus teliti memilih pupuk kandangan yang benar-benar bagus dan sudah jadi, jika anda salah dalam memilih pupuk kandangan ini akan membuat buah semangka kecil dan mudah layu. Selain pupuk kandang anda juga dapat memberikan pupuk Urea, TSP, Za, dan Pupuk KCL.

  1. Proses Pemeliharaan Alternatif dan Proses Panen

Dalam budidaya semangka ini terdapat salah satu cara alternatif yang dapat anda terapkan dalam budidaya ini yakni dengan penggunaan aplikasi plastik hitam perak yang mana dengan cara alternatif ini anda hanya melakukan satu kali proses pemupukan saja, selain itu dengan cara alternatif ini juga akan dapat mencegah tumbuhnya gulma disekitaran semangka, dan maaf yang tak kalah pentingnya dari cara alternatif ini adalah dapat menjaga suhu tanah dan juga dapat menstabilkan kelembaban tanah.

Untuk pemanenan buah semangka sendiri cukup sederhana, anda cuman perlu melepaskan buah semangka dari pucuknya, hal ini dapat dilakukan menggunakan gunting, hindari untuk tidak menarik paksa buah dari rantingnya karena ini akan menyebabkan pohon semangka akan rusak, karena pada umumnya panen pada buah semangka ini tidak dapat dilakukan dalam satu kali panen.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Budidaya Semangka dengan Baik untuk Hasil Maksimal kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba buat anda yang ingin mencobanya.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Budidaya Ikan Gurame Mulai Dari Pemijahan Hingga Panen Gurame
Artikel berikutnyaPanduan Lengkap Budidaya Cabe Rawit yang Baik