Beranda Bertani Cara Menanam Pisang Untuk Skala Besar Dan Jadi Bisnis Yang Baik

Cara Menanam Pisang Untuk Skala Besar Dan Jadi Bisnis Yang Baik

cara menanam pisang

Katipol.com – Cara Menanam Pisang dengan Baik. Buah pisang merupakan buah sangat mudah untuk kita temui disetiap lingkungan kita. Secara umumnya pisang merupakan tanaman yang dapat tumbuh diberbagai jenis kondisi lokasi, anda cukup melakukan perawatan yang cukup mudah agar pisang ini dapat tumbuh dan berbuah.

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Wikipedia. Seperti yang kita ketahu bersama bahwa buah pisang ini merupakan buah yang sangat lazim dikonsumsi oleh banyak orang setelah makan, dalam istilah lainnya buah cuci mulut.

Buah pisang ini sendiri tumbuh dengan bentuk formasi tersusun rapi atau biasa disebut dengan tandan, yang bentuk kelompok buahnya berjajar menjari yang rapi dengan sebutan sisir. Nah untuk pangsa pasar dan prospek dari budidaya pisang ini sendiri cukup menjanjikan, karena masih banyaknya permintaan terhadap buah pisang ini sendiri, termaksud saya sangat menyukai buah pisang ini :D.

Mengenal Lebih Dekat Buah Pisang

Secara umum buah pisang ini adalah berwarna kuning saat sudah masak dan berbuah hijau saat belum masak. Untuk jenis pisang ini sendiri cukup banyak antara lain pisang raja, pisang ambon yang merupakan pisang yang  paling populer diindonesia. Dan untuk jenis pisang lokal antara lain pisang barangan, pisang susu, pisang tanduk dan masih banyak jenis pisang lainnya.

Pisang ini sendiri banyak memiliki manfaat bagi tubuh, yakni dengan mengkonsumsi pisang kita dapat menurunkan resiko terjadinya kanker, asma, menurunkan tekanan darah serta dapat juga meningkatkan kesehatan jantung dan masih banyak manfaat lainnya. Didalam buah pisang ini sendiri terdapat banyak kandungan gizi yakni :

Vitamin B6 – 0,5 mg

Mangan – 0,3 mg

Vitamin C – 9 mg

Kalium – 450 mg

Serat – 3g

Protein – 1 g

Magnesium – 34 mg

Folat – 25.0 mcg

Riboflavin – 0,1 mg

Niacin – 0,8 mg

Vitamin A – 81 IU

Besi – 0,3 mg

Proses Menanam Pisang

  1. Pemilihan Bibit Pisang yang Baik

Dalam budidaya pisang selain lahan, pemilihan bibit pisang yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan, karena ketika kita memilih bibit yang baik maka anda akan memperoleh hasil yang baik juga, namun jika anda memilih bibit yang salah atau tidak baik maka hasilnya juga akan tidak baik. Untuk pemilihan bibit pisang ini sendiri dapat dibeli ditoko-toko bibit terdekat, atau bisa juga dilakukan dengan ditanam sendiri. Nah, bibit pisang yang akan ditanam sebaiknya sudah memiliki akar pisang dengan lebar sekitar 20 cm, namun hal yang harus anda perhatikan adalah anda harus memilih bibit yang akan ditanam ini dari induk pisang yang memiliki batang dan buah yang baik agar ketika kita tanam hasilnya juga akan baik.

  1. Menyiapkan Bibit Pisang

Indukan pohon pisang yang akan anda ambil bibitnya harus anda tanam dengan kerapatan atau dengan jarak 2 meter dari pohon pisang yang lain. Anda juga harus menjaga agar menjaga pohon memiliki tunas sebanyak 7-10 buah. Anda juga harus menjaga agar tunas yang tumbuh tetap ideal, karena jika tunas yang tumbuh terlalu banyak juga akan mempengaruhi ukuran dan juga kualitas dari bibit yang akan dihasilkan. Setelah bibit yang sudah dipisah dari induknya anda juga harus segera melakukan perawatan khusus agar bibit tidak terkena penyakit dan agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

Disarankan agar anda menyimpan bibit pada tempat teduh selama 2-3 hari agar bekas potongan pada tunas mengering. Anda juga harus merendam umbi dan sebagai dari batang  bibit pisang dengan insektisida dengan kadar 0,5%-1% selama kurang lebih 10 menit atau anda juga bisa melakukannya dengan merendam selama 2 hari 2 malam.

  1. Pemilihan Lahan untuk Penanaman

Dalam penanaman pisang ini selain pemilihan bibit yang baik untuk menghasilkan buah pisang yang baik, pemilihan lahan juga merupakan hal yang dapat mempengaruhi hasil yang baik juga. Untuk itu anda harus membersihkan lahan untuk menanam bibit pisang dari rumput serta gulma, ini dilakukan bertujuan agar pohon pisang tidak berebut nutrisi didalam tanah untuk itu anda harus melakukan penggemburan tanah terlebih dahulu. Jika anda memiliki lahan dengan kontur tanah miring anda perlu membuat sengkedan, pembuatan sengkeda ini bertujuan agar mencegah terjadinya erosi pada lahan. Selain itu yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah anda harus membuat drenase ini bertujuan agar menyediakan air bagi pohon karena pohon pisang memerlukan air yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik.

  1. Teknik Penanaman Pisang

Teknik penanaman pisang yang ideal adalah dilakukan dengan jarak tanam yang cukup berjauhan antara pohon yang satu dengan yang lain. Dan anda dapat memanfaatkan lahan yang cukup untuk menanam tanaman lain namun anda harus memperhatikan agar tanaman tumpang sari yang anda tanam tidak mengganggu pertumbuhan pohon pisang. Untuk idealnya lubang yang harus dibuat untuk penanaman pohon pisang sendiri adalah dengan kedalaman 50 cm dengan ukuran lebar 50x50cm dan dengan jarak ideal 3 meter antara pohon pisang yang satu dengan pohon pisang yang lainnya. Anda juga disarankan agar memberikan kompos kedalam setiap lubang sebelum pohon pisang ditanam dengan takaran dosis ideal 10-20kg pada setiap lubang. Ini dilakukan bertujuan agar tanah lebih subur dan tentunya akan memberikan dampak baik bagi pertumbuhan pohon pisang, sehingga akan menghasilkan buah yang berkualitas baik pula.

  1. Pemeliharaan Pohon Pisang

Untuk pemeliharaan ini dilakukan bertujuan untuk menghindari tumbuhnya rumput atau gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan pohon pisang. Selain itu anda juga harus melakukan penjarangan hal ini dilakukan dengan memilih pisang yang kuat dan memiliki daun yang segar, dan untuk pohon yang tidak sehat dan layu anda dapat memotongnya dan membuangnya.

  1. Proses Panen

Setelah semua proses diatas dilakukan, tahapan selanjutnya yang merupakan tujuan utama anda adalah proses pemanena, untuk proses pemanenan pisang ini sendiri dapat dilakukan dengan langsung memotong pohon pisang, atau terlebih dahulu anda memotong janjangan pisang kemudian anda memotong pohon pisang, karena pohon pisang merupakan pohon yang cuman 1 kali berbuah untuk itu tidak ada gunanya jika anda membiarkan pohon pisang tetap tumbuh.

Demikian penjelasan mengenai cara menanam pisang dengan baik kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Beternak Puyuh Petelur Yang Baik bagi Pemula
Artikel berikutnyaCara Budidaya Nanas Yang Efektif Dan Menghasilkan