Home Bertani Cara Budidaya Nanas Yang Efektif Dan Menghasilkan

Cara Budidaya Nanas Yang Efektif Dan Menghasilkan

cara budidaya, nenas, nanas, cara menanam nanas
cara budidaya nanas atau nenas

Katipol.com – Cara Budidaya Nanas yang Efektif.  Nanas, nenas, atau ananas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan, Wikipedia. Buah nanas ini sendiri dapat diolah menjadi beberapa aneka jenis makanan yang memiliki cita rasa yang mantap.

Nanas (Ananas comocus). Nanas merupakan salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropics. Nanas adalah tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus. Memiliki nama daerah danas (Sunda) dan neneh (Sumatera). Dalam bahasa Inggris disebut pineapple dan orang-orang Spanyol menyebutnya pina. Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan) yang telah di domestikasi disana sebelum masa Colombus. Pada abad ke-16 orang Spanyol membawa nanas ini ke Filipina dan Semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15, (1599).

Untuk diindonesia sendiri buah nanas merupakan buah yang masih juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan juga buah nanas ini sangat cocok untuk tumbuh dikawasan indonesia. Untuk memulai budidaya nanas ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulainya. Nah, untuk itu anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memulai untuk budidaya nanas ini.

  1. Syarat tumbuh dan berkembangnya nanas

Faktor ini merupakan faktor yang sangat penting dalam penanaman dan pertumbuhan nanas itu sendiri. Dalam hal ini anda harus sangat detail memperhatikan curah hujan, kelembaban tanah, ketinggian tanah, cahaya matahari dan juga suhu udara dilokasi penanaman nenas ini. Untuk itu lahan atau lokasi yang cocok untuk anda memulai menanam nenas ini adalah diantara 30 derajat LU dan 30 derajat LS. Untuk kelembaban tanah juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum memulai menanam nanas, dan untuk curah hujan yang sangat ideal untuk menanam nanas ini adalah antara 600-3.500mm pertahunnya, serta untuk suhu udara yang sangat ideal untuk memulai menanam nenas ini adalah sekitar 29-35 derajat celcius, untuk lokasi yang disarankan dalam menanam nanas ini adalah lokasi yang mengandung pasir dan mengandung zat kapur yang rendah. Lahan untuk penanaman harus diolah terlebih dahulu dengan cara penggemburan lahan.

  1. Pembibitan dan Persemaian Nanas

Hal yang perlu kita perhatikan adalah proses pembibitan, agar hasilnya maksimal maka anda harus melakukan proses pembibitan dengan baik. Untuk itu anda harus merawat bibit nenas dengan baik yakni dengan penyiraman bibit secara teratur pada pagi dan sore harinya, waktu ini adalah waktu terbaik untuk melakukan penyiraman karena anda bisa menjaga kelembaban yang ideal pada tanah. Jika bibit nanas sudah selesai dan siap untuk ditanam, maka anda harus memindakan bibit ke lahan tanam, biasanya bibit yang siap tanam adalah mencapai ukuran 25-30 cm dan berumur sekitar 3-5 bulan.

  1. Pemeliharaan Nanas

Pemeliharan merupakan langkah yang wajib dilakukan secara teratur agar pertumbuhan tanaman nenas dapat berjalan dengan baik. Untuk pemeliharaan nenas ini dapat dilakukan dengan proses penyiangan, pengairan serta pemupukan. Untuk menghindari tumbuhnya rumput dan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman nenas anda perlu melakukan penyiangan secara teratur dan terus menerus. Agar tanaman nenas dapat berkembang dengan baik anda perlu melakukan pemupukan, pemupukan pada tanaman nenas dilakukan dengan cara menanam pupuk kedalam paret yang telah anda persiapkan sebelumnya yang memiliki kedalaman kurang lebih 10-15 cm untuk pupuk yang disarankan untuk anda gunakan adalah pupuk Urea dan Kcl.

Saat proses penanaman nenas ini tidak dapat anda pungkiri bahwa masalah hama akan dapat menyerang tanaman anda, dan untuk mengantisipasi penyerangan hama ini pada tanaman nenas anda, anda dapat melakukannya dengan menggunakan pestisida yang pemberiannya dilakukan sesuai dengan dosisi yang benar.

  1. Proses Pemanenan Nanas

Setelah semua proses dan langkah-langkah diatas dilakukan dengan baik dan benar, makan tahapan selanjutnya adalah proses panen. Proses panen ini sendiri dapat dilakukan setelah nanas berumur 24 bulan jika bibit yang anda gunakan adalah bibi mahkota, dan umur 18 bulan jika anda menggunakan bibit yang berasal dari tunas akar. Unutk kriteria nanas yang sudah dapat dipanen itu sendiri adalah jika mahkota buah pada nanas sudah terbuka dan mata buah dari nanas itu sendiri sudah mendatar, bulat dan memiliki ukuran yang besar. Anda juga harus memperhatikan warna buah nanas, jika sudah berwarna kuning serta bau dari buah nanas sudah mulai harum itu merupakan kriteria buah yang sudah dapat dipanen.

Cara pemanenanya adalah dengan memotong buah nanas dari pohonnya denga menggunakan pisau tajam dan ingat pisau yang anda gunakan harus steril agar buah tidak rusak dan tetap segar. Disarankan agar anda melakukan proses pemanenan dengan baik jangan sampai buah nanas memar, karena akan dapat menurunkan harga jual buah tersebut.

Sekian artikel kita mengenai budidaya nanas kali ini selamat mencoba dan semoga sukses, tidak ada usaha yang sia-sia jika anda terus melakukannya dengan baik dan benar.

SHARE
Loading...
Previous articleCara Menanam Pisang Untuk Skala Besar Dan Jadi Bisnis Yang Baik
Next articleTahapan Budidaya Menanam Buah Naga Menggunakan Media Pot