Beranda Budidaya Cara Beternak Puyuh Petelur Yang Baik bagi Pemula

Cara Beternak Puyuh Petelur Yang Baik bagi Pemula

cara beternak, burung puyuh, puyuh petelur
cara beternak burung puyuh petelur

Katipol.com – Cara Beternak Puyuh Petelur  yang Baik bagi Pemula. Seperti biasanya sebelum kita memulai cara beternak puyuh ini alangkah lebih baiknya jika kita lebih mengetahui dengan baik terlebih dahulu mengenai burung puyuh ini dan apa saja manfaat yang terdapat pada burung puyuh ini.

Puyuh adalah nama untuk beberapa genera dalam familia Phasianidae. Burung ini berukuran menengah. Burung puyuh dari Dunia Baru (famili Odontophoridae) dan puyuh kancing (famili Turnicidae) tidak berkerabat dekat namun nama mereka memiliki perilaku dan karakteristik fisik yang mirip. Burung puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk. Mereka pemakan biji-bijian namun juga pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya. Mereka bersarang di permukaan tanah, dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yang pendek. Beberapa spesies seperti puyuh jepang adalah migratori dan mampu terbang untuk jarak yang jauh. Beberapa jenis puyuh diternakkan dalam jumlah besar. Puyuh jepang diternakkan terutama karena telurnya. (Sumber. Wikipedia)

Hampir sama dengan ayam burung puyuh ini sangat banyak diternakkan oleh masyarakat untuk diambil telurnya ataupun dagingnya. Karena pada dasarnya permintaan akan telur dan daging burung puyuh ini dipasaran cukup banyak. Nah, dengan kondisi ini buat anda yang ingin terjun untuk beternak telur atau daging puyuh ini, anda tidak perlu ragu karena masih masih orang yang membutuhkan burung puyuh ini. Dan berikut ini adalah manfaat dari telur puyuh bagi manusia:

a. Dapat meningkatkan kecerdasan dan menjaga mata

Telur burung puyuh banyak mengandung protein dan vitamin, dengan mengkonsumsi telur puyuh dapat menjaga mata dan meningkatkan kecerdasan karena telur burung puyuh mengandung banyak protein dan vitamin.

b. Dapat menajamkan ingatan

Pada telur puyuh juga terdapat zat kolin, yang mana zat ini berfungsi untuk meningkatkan daya ingat.

c. Meningkatkan potensi seksual

Pilihan untuk mengkonsumsi makanan ini dirasa sangat tepat bagi mereka pasangan suami istri yang ingin segera memiliki momongan. Kandungan protein, fosfor, dan vitamin dapat menjaga potensi seksual seseorang.

d. Dapat mengurangi keguguran

Zat kolin yang dibutuhkan untuk menajamkan ingatan ternyata juga dapat memperkuat janin dan mengoptimalkan pertumbuhannya di dalam rahim. Para ibu hamil jika tidak memiliki riwayat penyakit yang harus menghindari bahan makanan satu ini dapat mengkonsumsinya mulai sekarang untuk pertumbuhan janin yang sehat.

e. Sebagai obat untuk kurang darah dan masalah pernafasan

Ada kabar baik nih buat yang memiliki masalah penyakit anemia. Dengan mengonsumsi telur puyuh secara rutin diperacaya dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Untuk penyakit pernafasan yang dapat disembuhkan oleh telur puyuh adalah TBC. Hal ini diakui pernah bangsa Cina melakukan pengobatan tradisional dengan berbahan dasar telur puyuh untuk mengobati masyarakat yang mengeluhkan sakit TBC dan asma. Dan masih banyak manfaat lainnya.

Wah dari manfaat yang telah dijabarkan diatas, ternyata telur burung puyuh sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Dan untuk beternak telur puyuh sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan siapa saja, karena pada umumnya burung puyuh ini tidak memerlukan lahan yang luas untuk memulai beternak dan tidak menghabiskan waktu serta tenanga anda. Namun ada beberapa hal untuk anda pemula perlu perhatikan saat akan memulai beternak telur puyuh ini, diantaranya adalah :

  1. Saran dan Peralatan yang Dibutuhkan

Lahan bukan jadi masalah dalam beternak burung puyuh ini, jika anda memiliki perkarangan rumah yang kosong dan tidak digunakan, anda bisa membuatnya dilahan tersebut. Untuk syarat kandang ideal untuk beternak telur burung puyuh ini adalah memiliki sirkulasi udara bersih yang lancar, temperatur lingkungan harus diantara 25-30oC, lahan juga harus memiliki kelembaban udara antara 30-80%, serta anda juga harus memperhatikan ketersediaan cahaya pada lahan peternakan telur burung puyuh tersbut.

Ingat anda juga harus membuat pencahayaan pada malam hari dikandang burung puyuh, dengan menggunakan lampu pijar tujuannya adalah untuk memberikan kehangatan bagi burung puyuh karena pada malam hari udara biasanya cendrung dingin. Ada 2 tipe kandang saat beternak burung puyuh ini yakni :

  • Tipe Litter

Tipe kandang ini yakni membuat kandang menggunakan sekam

  • Tipe Baterai

Ini merupakan tipe kandang dengan model sistem sangkar atau kurungan.

Untuk ukuran kandang pada kegiatan beternak burung puyuh ini disarankan membuatnya  tidak terlalu sempit yakni untuk 1m2 menampung 30-40 ekor, dan untuk tinggi kandang burung puyuh adalah 40-50 cm. Anda juga harus membuat wadah tempat pakan, minum dan wadah untuk bertelur didalam kandang, serta anda juga jangan lupa untuk menyediakan obat-obatan dan alat pembersih disekitar kandang.

  1. Bibit Burung Puyuh

Setelah semua telah anda persiapkan, langkah selanjutnya yang harus anda persiapkan adalah bibit butrung puyuh yang baik. Untuk bibit ini sendiri anda dapat memperolehnya dari penyedia bibit burung puyuh itu sendiri, disanarankan agar anda memilih bibit yang segar dan memiliki  gerak yang aktif. Untuk rata-rata puyuh petelur dalam peternakan dapat menghasilkan 160-250 butir telur dalam satu tahun.

  1. Pemeliharaan Burung Puyuh

Tahapan ini dilakukan untuk produksi dari burung puyuh petelur dapat menghasilkan jumlah telur yang maksimal dan tentunya berkelanjutan. Pemeliharaan ini dilakukan dengan pengecekan serta pengontrolan kondisi burung dan kandangnya secara teratur agar selalu terjaga. Pemeliharaan burung puyuh ini juga mencangkup masalah pemberian pangan disarankan agar anda memberikan nutrisi yang cukup yang dibutuhkan oleh burung puyuh untuk berkembang biak dengan baik.

Untuk pemberian pakan itu sendiri dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yakni pada saat pagi dan sore hari, serta untuk puyuh yang sudah berukuran dewasa cukup pemberian pakannya hanya 1 kali dalam 1 hari.

Ingat anda juga harus melakukan kegiatan pembersihan kandang peternakan burung puyuh, ini bertujuan agar kandang burung puyuh tidak pengap dan kontor jika ini dibiarkan maka akan dapat menyebabkan terganggunya pernapasan pada burung puyuh serta memungkinkan terjadinya penyerangan hama kepada burung. Selain itu anda juga harus memperhatikan kondisi pencahayaan dimalam hari, suhu dan perputaran udara didalam kandang burung puyuh. Dan jika terhadap burung puyuh yang sakit, anda harus segera memisahkan burung tersebut dari kawanannya agar yang lain tidak terkenak, serta anda dapat lebih mudah melakukan pengobatan kepada burung puyuh tersebut.

Demikian Cara Beternak Puyuh Petelur yang Baik Bagi Pemula, semoga artikelnya bermanfaat dan selamat mencoba, karena jika tidak dicoba maka anda tidak akan tahu hasilnya.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaPanduan Lengkap Budidaya Cabe Rawit yang Baik
Artikel berikutnyaCara Menanam Pisang Untuk Skala Besar Dan Jadi Bisnis Yang Baik