Home Bertani Tahapan Budidaya Menanam Buah Naga Menggunakan Media Pot

Tahapan Budidaya Menanam Buah Naga Menggunakan Media Pot

cara budidaya, cara menanam, buah naga
budidaya buah naga

Katipol.com – Tahapan Budidaya atau menanam Buah Naga Menggunakan Media Pot Diindonesia buah naga merupakan buah yang sangat banyak dicari dan digemari oleh masyarakat. Selain rasa buah ini enak, buah ini juga memilki banyak manfaat dan mengandung banyak gizi didalam buahnya.

Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Buah naga merah sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa di gunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.

Sebelum anda melanjutkan Cara Budidaya Buah Naga ini, kami akan sampaikan berikut ini adalah manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada buah naga.

  1. Buah naga dapat membantu menyembuhkan penyakit kanker.
  2. Buah Naga dapat Membuat anda tampak lebih mudah dan Mempercantik penampilan
  3. Dapat membantu penyembuhan penyakit diabetes
  4. Dapat menjaga kesehatan dan stamina
  5. Mencegah terjadinya penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang
  6. Dapat membantu menurunkan kolestrol pada tubuh
  7. Dapat membantu menjaga kesehatan mata
  8. Dapat membantu menjaga kesehatan jantung

Untu kandungan gizi yang terdapat pada buah naga itu sendiri antara lain :

  1. Vitamin C hingga 10-12%
  2. Mengandung Vitamin B1, B2 dan B3
  3. Buah naga juga mengandung Kalori kurang lebih 100g
  4. Mengandung kalsium 8,8%
  5. Buah naga mengandung antioksidan, dan masih banyak lainnya.

Mungkin anda berfikir sangat sulit untuk melakukan budidaya buah naga ini dan anda juga berfikir untuk menanam buah naga ini anda membutuhkan lahan yang luas untuk menanamnya? Anda salah, untuk menanam buah ini tergolong cukup mudah dan anda juga dapat menanamnya dengan menggunakan pot saja, langsung saja berikut ini adalah Tahapan Budidaya Buah Naga Menggunakan Media Tanam Pot.

Secara umum untuk menghasilkan buah naga yang berkualitas dan hasilnya maksimal, baik menggunakan pot atau langsung kelahan, anda harus melakukan perawatan dan pemeliharaan buah naga dengan baik dan teratur, untuk kebutuhan nutrisi yang diperlukan buah naga untuk tumbuh harus terpenuhi secara baik. Dan berikut ini adalah tahapannya :

  1. Tahapan Pertama Menyediakan Media Tanam

Untuk kali ini yang digunakan adalah media tanam dengan pot, untuk itu pertama kali anda harus mempersiapkan pot yang akan digunakan untuk menanam buah naga. Pot yang digunakan pot dari dasar semen, plastik, tanah liat atau bahkan drum. Semua pot ini harus memiliki diameter minimal 40cm.

  1. Menyediakan Tiang

Tahapan selanjutnya yang harus anda sediakan adalah tiang, tiang ini berfungsi untuk panjatan buah naga, karena batang dan dahan dari bauh naga itu sendiri membutuhkan penopang. Tiang penopang ini sendiri dapat dibuat dari besi dan kayu, namun kali ini disarankan anda menggunakan tiang dari bahan besi karena memiliki ketahanan yang lebih kuat dan tahan lama. Tiang ini sendiri dibuat dengan diameter 8-10cm dengan tinggi 150-200 cm ini disesuaikan dengan besarnya pot yang anda gunakan.

  1. Membuat Media Tanam yang Baik di Dalam Pot

Untuk hasil buah yang baik, anda harus memperhatikan media tanam yang digunakan saat akan menanam buah naga ini dan yang harus anda persiapkan adalah pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan memiliki perbandingan 2:1:3:1., disarankan agar anda juga mencampur batu bata merah dan dolomit sebanyak 100g, anda juga harus mencampur rata bahan ini dengan tanah yang digunakan untuk menanam buah naga tersebut. Setelah semua ini anda lakukan, anda harus menyiram media tanam tersebut dan membiarkannya selama satu hari.

  1. Proses Menanam Bibit Buah Naga

Sebelum anda menanam bibit buah naga, terlebih dahulu yang harus anda perhatikan adalah anda harus memilih bibit buah naga yang memilih bibit buah naga yang baik dan bebas dari penyakit, agar ketika ditanam bibit tersebut dapat berkembang dengan baik dan tentunya akan menghasilkan buah yang baik pula. Untuk ideal bibit yang ditanam memiliki ukuran panjang minimal 30 cm dan ditanam disekitaran tiang panjat yang telah dipersiapkan sebelumnya sedalam 10 cm disarankan agar tidak menanam bibit ini terlalu dalam, setelah bibit ditanam anda juga jangan lupa untuk menyiramnya dan anda letakkan diruangan terbuka dan terkenak sinar matahari langsung.

  1. Proses Pemeliharaan

Langkah selanjutnya yang wajib anda lakukan agar buah naha dapat tumbuh dan berkembang dengan baik adalah pemeliharaan. Untuk proses pemeliharaan ini meliputi proses pemupukan, pemangkasan, penjarangan dan pemindahan pot.

  • Proses Pemupukan Buah Naga

Untuk proses pemupukan ini sendiri, anda disarankan memberikan pupuk majemuk kepada tanaman buah naga yang mengandung unsur P dan K yang tinggi, pupuk yang digunakan seperti NPK 15:15:15 dengan dosisi yang diberikan 50 g per pot dan bisa juga mencampurnya dengan pupuk tunggal seperti Kcl, ZA, SP-18. Dan anda juga disarankan untuk menambahkan pupuk kandang, ini bertujuan untuk meningkatkan kadar bahan organik pada tanah, serta anda juga harus melakukan penyiraman yang rutin setiap pagi dan sore hari. Setelah 2-4 minggu anda harus memberikan pupuk daun, untuk pupuk daun ini sendiri anda dapat menggunakan TSP, KCL dan NPK.

  • Proses Pemangkasan

Proses pemangkasan dahan ini memiliki tujuan untuk membentuk cabang baru yang lebih efektif serta produktif untuk menghasilkan buah, untuk proses pemangkasan ini dilakukan setelah buah naga berumur 2-4 bulan.

  • Proses Penjarahan dan Pemindahan Pot

Setelah proses diatas dilakukan dengan baik, berikutnya yang harus anda lakukan adalah proses penjarahan, proses ini bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan buah naga itu sendiri, proses penjarahan ini sendiri dilakukan setelah bunga buah naga telah muncul. Anda disarankan untuk dua bunga saja dengan jarak 30cm satu sama lainnya.

  1. Proses Pemanena

Proses ini merupakan proses yang ditunggu-tunggu ketika anda sudah lelah dalam mengurus dan merawat tanaman buah naga ini. Biasanya proses panen buah naga ini dilakukan setelah buah naga berumur 1,5 sampai 2 tahun. Waktu panen buah naga yang baik adalah dilakukan pada pagi atau sore hari yakni antara jam 06.00-09.00 atau 15.00-17.00. Untuk proses panen anda harus menggunakan sarung tangan untuk menjaga agar pohon buah naga tidak luka, anda harus menggunakan gunting, anda harus memotong buah naga tepat ditangkainya, anda harus melakukannya dengan baik dan hati-hati agar kulit buah tidak terluka.

Demikian Tahapan Budidaya Buah Naga yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan budidaya buah naga ini, dan semoga anda sukses dalam budidaya buah naga ini.

SHARE
Loading...
Previous articleCara Budidaya Nanas Yang Efektif Dan Menghasilkan
Next articleCara Menanam Pepaya Bagi Pemula Atau Budidaya Pepaya Hingga Menghasilkan Buah Segar