Beranda Bertani Cara Budidaya Atau Cara Menanam Jagung Yang Baik untuk Hasil Maksimal

Cara Budidaya Atau Cara Menanam Jagung Yang Baik untuk Hasil Maksimal

cara menanam jagung, cara budidaya jagung
cara menanam jagung, cara budidaya jagung

Katipol.com – Cara Budidaya atau Cara Menanam Jagung yang Baik untuk Hasil Maksimal. Diindonesia jagung merupakan tanaman yang memiliki banyak peminatnya, jagung ini sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang memiliki rasa yang sangat enak, diantaranya adalah jagung ini dapat diolah menjadi sayur, jagung dapat dimakan dengan cara dibakar dan juga dapat diolah menjadi popcorn yang memiliki rasa yang sangat enak dan juga harga yang cukup tinggi.

Dari banyaknya masyarakat yang membutuhkan jagung ini, maka untuk pelung usaha dari budidaya jagung ini masih sangat menjanjikan bagi anda yang ingin ikut bergabung melakukan pembudidayaan jagung ini. Dan sebelum anda mengetahui cara budidaya jagung ini, seperti biasa alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengenal tanaman jagung ini.

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia. Sumber : Wikipedia.

Selain disukai karena memiliki rasa dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, jagung ini juga memuliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi manusia, diantaranya adalah sebagai berikut : Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah:

  • Kalori : 355 Kalori
  • Protein : 9,2 gr
  • Lemak : 3,9 gr
  • Karbohidrat : 73,7 gr
  • Kalsium : 10 mg
  • Fosfor : 256 mg
  • Besi : 2,4 mg
  • Vitamin A : 510 SI
  • Vitamin B1 : 0,38 mg
  • Air : 12 gr
  • dan bagian yang dapat dicerna 90%.

Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah, namum mempunyai kandungan protein yang lebih banyak daripada beras.

Nah, begitu banyak manfaat yang dapat kita temukan dalam kandungan jagung ini, untuk itu jika anda berminat untuk ikut membudidayakan tanaman jagung ini berikut adalah caranya.

  1. Pemilihan Bibit Jagung

Awalnya ketika anda ingin melakukan pembudidayaan jagung ini anda harus mendapatkan bibit jagung yang berkualitas dan baik. Anda bisa memperolehnya dari toko-toko penjualan bibit jagung itu sendiri, atau dapat membelinya pada petani jagung lainnya.

  1. Mempersiapkan Media Tanam

Media tanam yang sangat baik untuk budidaya jagung ini yang dapat anda gunakan adalah jenis media tanam yang tanahnya latosol, andosol, dan grumosol. Yang mana tingkat dari keasaman tanah yang ideal adalah memiliki pH 5,6-,5. Anda juga harus memastikan bahwan lahan yang anda gunakan untuk budidaya jagung ini memilki ketersediaan air yang cukup dan anda juga harus memastikan tingkat kemiringan tanah dari lahan pembudidayaan yang anda gunakan.

  1. Proses Penanaman

Langkah selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah proses penanaman, untuk jarak ideal yang disarankan anda lakukan adalah 100cm x 40 cm ini dilakukan untuk menanam 2 tanaman jagung perlubangnya dan anda juga harus membuat lubang dengan kedalaman 3-5 cm sebelum menanam bibit jagung. Anda masukkan sebanyak 2-3 bibit kedalam lubang yang sudah anda buat tersebut.

  1. Proses Pemupukan

Proses ini dilakukan untuk membantu tanaman jagung dapat tumbuh dengan baik dan tentunya agar hasil dari jagung tersebut bisa maksimal. Untuk pemupukan ini anda disarankan menggunakan pupuk yang mengandung fosfor, nitrogen dan kalium. Karena tanaman jagung membutuhkan lebih banyak unsur hara untuk dapat tumbuh dan berkembang.

  1. Proses Pemeliharaan Lanjutan

Pemeliharaan lanjutan ini yang dimaksud adalah penyulaman, penjarangan, pembubuhan serta pemangkasan daun jagung. Nah berikut ini adalah caranya:

  • Proses penyulaman dilakukan setelah tanaman jagung berumur satu minggu
  • Untuk proses penjarangan anda lakukan setelah tanaman jagung memiliki usia 2-3 minggu setelah proses tanam.
  • Proses pembubuhan, proses ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkokoh batang jagung, mempermudah dan memperbaiki sistem drainase pada lahan
  • Proses pemangkasan, proses ini bertujuan agar lebih merapikan tanaman jagung dan ternyata daun jagung juga dapat dijadikan pangan bagi kambing.
  1. Proses Pengairan

Proses ini sangat penting dilakukan karena pada umumnya tanaman jagung membutuhkan sangat banyak ketersediaan air untuk dapat tumbuh dan berkembang serta untuk pembungaan dan pengisian biji. Proses pembungaan pada budidaya jagung ini terjadi setelah jagung berumur 45-55 hari setelah proses tanam dan untuk proses tumbuh biji setelah jagung berumur 50-80 hari setelah proses tanam.

  1. Proses Pemanenan

Proses ini merupakan proses yang anda tunggu-tunggu tentunya, karena setelah sekian lama anda melakukan proses pembudidayaan jagung dengan teratur dan benar. Dan anda dapat memanen jagung ini sendiri setelah 7 minggu setelah jagung berbunga. Untuk proses panennya anda dapat langsung memetik buah jagung yang sudah dapat dipanen dari pohonnya.

Demikian artikel kita mengenai Cara Budidaya Jagung yang Baik untuk Hasil Maksimal, semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang ingin melakukan pembudidayaan tanaman jagung ini, selamat mencoba dan semoga sukses.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Menanam Pepaya Bagi Pemula Atau Budidaya Pepaya Hingga Menghasilkan Buah Segar
Artikel berikutnyaPanduan Lengkap Cara Menanam Jambu Air yang Baik