Home Bertani Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Air yang Baik

Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Air yang Baik

cara menanam, cara budidaya, jambu air
cara menanam jambu air

Katipol.com – Panduan Lengkap Cara Menanam Jambu Air yang Baik. Mungkin anda sudah mengenal dan mengetahui secara baik mengenai tanaman yang satu ini, jambu air merupakan buah yang cukup favorit diindonesia dan memiliki banyak peminat. Jambu air ini juga dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan yang tentunya memiliki nilai ekonomis yang jauh lebih tinggi.

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air atau jambu saja. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya. Sumber : Wikipedia.

Jamu air ini juga memiliki beberapa manfaat jika kita konsumsi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dengan mengkonsumsi jambu air, dapat mengontrol diabetes karena didalam jambu air tedapat kandunga jambosine yang merupakan jenis alkohol yang dapat mengatur dan mengontrol pati menjadi gula.
  • Menyehatkan pencernaan, jambu juga memiliki cukup banyak kandungan air yang dibutuhkan oleh tubuh, untuk membantu jalannya makanan yang manusia konsumsi.
  • Dengan mengkonsumsi jambu air juga dapat membantu mencegah terjadinya kanker
  • Meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh, dan masih banyak manfaat yang ada pada buah jambu air ini.

Dan berikut ini akan kami jabarkan dengan jelas Panduan Lengkap Cara menanam Jambu Air yang Baik.

  1. Pemilihan Lokasi Budidaya

Untuk lokasi yang disarankan dan terbaik untuk menanam jambu air ini adalah pada ketinggian 5-500 mdpl, serta menanam jambu air ini membutuhkan pencayahaan langsung dari matahari dengan insentitas antara 40-80% dalam satu hari dan juga tanaman jambu air ini membutuhkan suhu optimal untuk proses pemmenanamannya yakni berkisar antara 10-28°C dengan tigkat kelembaban 50-80%.

  1. Proses Pembibitan Jambu Air

Untuk pembibian ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni cara generatif dan vegetatif. Yang mana cara genetatif ini dilakukan dengan cara memperbanyak biji, pada cara ini anda membutuhkan waktu yang sangat panjang. Sedangkan untuk cara vegetatif adalah proses perbanyakan tanaman tidak dengan biji atau dengan kata lain dilakukan dengan pencangkokan, okulasi serta penyetekan. Namun dari kedua cara ini yang paling banyak diterapkan oleh para petani adalah dengan cara vegetatif atau cangkok, dan berikut ini adalah tipsnya.

  • Anda harus memilih induk pohon jambu air yang sudah berumur antara 10-15 tahun
  • Anda harus memastikan induk poho jambu yang akan dicangkok, adalah induk pohon jambu air yang sudah berbuah bagus dan enak.
  • Cabang pohon yang akan dicangkok anda pastikan fisiknya kuat dan tidak cacat.
  • Selanjutnya anda lakukan pencangkokan pada cabang sampai akar tumbuh
  • Jika sudah tumbuh akar, anda dapat memotongnya dan menanamnya pada media tanam menanam jambu air ini.
  1. Penanaman Bibit Jambu Air

Setelah anda memperoleh bibit jambu air yang baik dan berkualitas, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan penanaman. Idealnya jarak tanam yang baik adalah dengan jarak 8×8 meter dengan tujuan agar daun tidak saling tindih.Kemudian buatlah lubang dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm, biarkan lubang terbuka selama 2 3 hari bisa juga diberikan pupuk kandang sebagai pupuk dasarnya. Anda juga harus melakukan penyiraman secara teratur kepada tanaman agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Setelah itu bibit tanaman siap dimasukkan ke dalamnya. Tutupi dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos lalu siram. Proses penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, agar setelah ditanam pohon tidak langsung terkena sinar terik. Pohon perlu adaptasi agar tidak stres dengan alam yang baru.

  1. Proses Pemupukan Jambu Air

Pemupukan ini bertujuan agar membantu tanaman jambu air ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan menghasilkan buah yang maksimal. Awal pemupukan pada tanaman buah jambu ini dilakukan pada saat penanaman bibit jambu air kedalam media tanam.

Setelah pemupukan waktu penanaman ini dilakukan, untuk pemupukan selanjutnya dilakukan cukup mendapatkan pupuk 3 bulan sekali atau minimal 2 kali dalam setahun. Pengairan perlu di perhatikan agar tidak tergenang saat musim hujan dan tidak kekeringan saat musim kemarau tiba. Cara pemupukan jambu air adalah dengan meletakan pupuk pada jarak sekitar 1 meter dari pohon. Buat sebuah lobang dan masukan pupuk di lobang tersebut.

Tidak hanya pemupukan, anda juga harus melakukan pembersihan gulma yang tumbuh disekitaran tanaman jambu ini, agar gulam yang tumbuh tidak menggangu pertumbuhan dari tanaman jambu air tersebut.

  1. Proses Pemangkasan Cabang

Proses ini dilakukan agar pohon jambu air dapat menghasilkan buah yang maksimal dan tajuk baru dapat tumbuh serta akan mendapatkan kanopi yang sempurna. Karena pada tanaman jambu air ini, kanopi dan cabang pohon memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan buah. Pemotongan juga dilakukan untuk mengurangi pohon jambu air yang terlalu rimbun. Pada pohon yang terlalu rimbun banyak cabang yang nantinya tidak berbuah dan jarang terkena sinar matahari, lebih baik dipotong saja agar cabang-cabang yang berpontensi berbuah bagus bisa tumbuh maksimal.

  1. Proses Pemanenan

Pada umumnya jambu air dapat dipanen dalam 2 periode yakni antara juni-agustus dan antara november-desember, proses panen ini dapat dilakukan jika buah jambu air sudah matang dan berwarna merah. Untuk cara pemanenan dapat dilakukan dengan memetik buah jambu dari pohonnya. Pada menanam jambu air menggunakan bibit cangkokan, jambu air dapat berbuah setelah 8-12 bulan setelah penanaman. Meskipun buah tidak terlalu banyak karena ranting juga masih sedikit. Jambu air akan mulai banyak berbuah ketika sudah menginjak tahun ke 3 atau ke 4.

Demikian artikel kali ini mengenai Panduan Lengkap Cara menanam Jambu Air yang Baik semoga bermanfaat bagi anda yang ingin terjun pada menanam jambu air ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

SHARE
Loading...
Previous articleCara Budidaya Atau Cara Menanam Jagung Yang Baik untuk Hasil Maksimal
Next articlePanduan Lengkap Cara Menanam Selada Menggunakan Polybag