Beranda Budidaya Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga yang Benar dan Hasil Memuaskan

Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga yang Benar dan Hasil Memuaskan

Katipol.com – Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga yang Benar dan Hasil Memuask Buah mangga merupakan buah yang sudah sangat terkenal di indonesia, buah yang memiliki rasa manis dan asam ini membuat banyak orang yang menyukainya. Buah mangga ini sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis aneka makanan, baik itu dijus, diolah menjadi keripik dan lain sebagainya dan hanya langsung dimakan ketika buah mangga ini sudah masak juga sudah cukup enak.

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Nama ini kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”. Sumber. Wikipedia.com

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi antara 10 hingga 40 m. Nama “mangga” berasal dari bahasa Malayalam maanga. Kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh (Jw.).

Tidak hanya itu buah mangga ini sendiri memiliki banyak sekali kandungan gizi pada buahnya jika dikonsumsi oleh manusia, diantaranya adalah Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%). Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa

Nah, untuk pangsa pasar buah mangga ini sendiri dipasaran tergolong sangat menjanjikan karena buah mangga ini sangat banyak dicari oleh masyarakat dan harga dari buah mangga ini sendiri cendrung stabil. Jika anda berminat untuk budidaya mangga ini, berikut ini akan kami sampaikan Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga yang Benar.

  1. Mempersiapkan Bibit

Dalam budidaya mangga ini bibit merupakan salah satu faktor penentu untuk menghasilkan buah mangga yang terbaik, untuk itu saat akan melakukan pembudidayaan mangga ini anda harus memilih bibit mangga yang berkualitas dan baik. bibit mangga ini sendiri dapat diperbanyak dengan cara generatif dan vegetatif yakni memperbanyak bibit mangga dengan biji dan cangkok.

  1. Mempersiapkan Lahan Budidaya Mangga

Dalam budidaya mangga ini lahan juga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman mangga, untuk itu terlebih dahulu anda melakukan pembersihan lahan tanam dari gulma. untuk jarak tanam pada budidaya mangga ini adalah 10mx10m atau bisa juga 12mx12m. setelah anda mengukur jarak tanam yang ideal untuk budidaya mangga ini, selanjutnya anda harus membuat lubang tanam bibit mangga tersebut yakni dengan ukuran 1m x 1m x 1m, setelah lubang tanam ini dibuat anda jangan langsung menanamnya, namun lubang ini anda biarkan selama kurang lebih 1 minggu untuk menetralkan pH tanah.

  1. Proses Penanaman Bibit Mangga

Lubang tanam yg telah ditimbun digali kembali dengan ukuran panjang & lebar 60 cm pada kedalaman 30 cm, taburi lubang dengan furadan 10-25 gram. Polibag bibit digunting sampai ke bawah, masukkan bibit beserta tanahnya & masukkan kembali tanah galian sampai membentuk guludan. Tekan tanah di sekitar batang & pasang kayu penyangga tanaman.

  1. Proses Pemupukan

Agar tanaman mangga ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik anda perlu melakukan pemupukan agar tanaman mangga ini dapat tumbuh secara teratur. ada beberapa pupuk yang dapat anda gunakan pada budidaya mangga ini, diantaranya adalah :

  1. a) Pupuk organik

Umur tanaman 1-2 tahun: 10 kg pupuk kandang, 5 kg pupuk kandang.

Umur tanaman 2,5–8 tahun: 0,5 kg tepung tulang, 2,5 kg abu.

Umur tanaman 9 tahun: tepung tulang dapat diganti pupuk kimia SP-36, 50 kg pupuk kandang, 15 kg abu.

Umur tanaman > 10 tahun: 100 kg pupuk kandang, 50 kg tepung tulang, 15 kg abu.

Pupuk kandang yg dipakai adalah pupuk yg sudah tercampur dengan tanah. Pemberian pupuk dilakukan di dalam parit keliling pohon sedalam setengah mata cangkul (5 cm).

  1. b) Pupuk anorganik

Umur tanaman 1-2 bulan : NPK (10-10-20) 100 gram/tanaman.

Umur tanaman 1,5-2 tahun: NPK (10-10-20) 1.000 kg/tanaman.

Tanaman sebelum berbunga: ZA 1.750 gram/tanaman, KCl 1.080 gram/tanaman.

Tanaman waktu berbunga : ZA 1.380 gram/tanaman, Di kalsium fosfat 970 gram/tanaman, KCl 970 gram/tanaman.

Tanaman setelah panen: ZA 2700 gram/tanaman, Di kalsium fosfat 1.940 gram/tanaman, KCl 1.940 gram/tanaman.

disarankan agar anda memberikan pupuk pada tanaman ini sesuai dosisnya dan dilakukan dengan teratur agar tanaman mangga dapat tumbuh dengan baik, yang tentunya juga akan dapat menghasilkan buah yang terbaik pula.

  1. Proses Pemanenan

Jika anda sudah melakukan panduan diatas dengan benar dan dilakukan secara teratur, maka tahapan selanjutnya yang merupakan tujuan akhir dari budidaya mangga ini adalah proses pemanenan.

Ketika akan memanen buah mangga perlu anda perhatikan ciri-ciri berikut ini : Mangga cangkokan mulai berbuah pada umur 4 tahun, mangga okulasi pada umur 5-6 tahun. Banyaknya buah panen pertama hanya 10-15 buah, pada tahun ke 10 jumlah buah dapat mencapai 300-500 buah/pohon. Panen besar biasanya jatuh di bulan September-Oktober. Tanda buah sudah dapat dipanen adalah adanya buah yg jatuh karena matang sedikitnya 1 buah/pohon, warna buah arumanis/manalagi berubah menjadi hijau tua kebiruan, warna buah mangga golek/gedok berubah menjadi kuning/merah Buah yg dipetik harus masih keras.

Untuk cara panen mangga ini sendiri anda dapat melakukannya dengan cara memetik buah mangga tersebut dari pohonnya disarankan agar anda menggunakan pisau, anda juga harus menghindari agar buah tidak lecet dan rusak agar buah mangga tidak mudah busuk serta agar buah mangga tersebut ketika dijual tidak turun, disarankan agar anda melakukan pemanenan buah mangga ini dilakukan pada sore hari.

Nah, demikian Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga yang Benar yang bisa kami sampaikan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan pembudidayaan mangga ini, selamat mencoba.

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Budidaya Buah Tin dengan Benar
Artikel berikutnyaCara Menanam Jahe yang Baik