Home Asuransi Mengenal Asuransi Kesehatan ABDA, Produk Asuransi Untuk Finansial Anda

Mengenal Asuransi Kesehatan ABDA, Produk Asuransi Untuk Finansial Anda

asuransi abda, asuransi kesehatan, premi asuransi

Katipol.com – Asuransi kesehatan ABDA merupakan salah satu unit usaha dari perusahaan yang mempunyai nama resmi PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. Unit Asransi kesehatan ABDA ini mempunyai nama resmi Accident and Health. Ini menunjukkan bahwa perlindungan asuransi kesehatan ABDA menyatu dengan asuransi kecelakaan. Penghasilan premi yang diperoleh unit usaha accident and health ini menyumbang sekitar 20% dari total pendapatan premi PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk.

Unit usaha ini menjadi penyumbang penghasilan premi terbesar kedua, setelah unit kendaraan bermotor yang mencapai 75% dari total premi yang diperoleh asuransi ABDA. Dengan kata lain, kedua unit usaha ini mampu menyumbang pendapatan premi 95% dari seluruh pendapatan perusahaan.

Asuransi ABDA berdiri di Jakarta lebih dari 30 tahun yang lalu, atau tepatnya pada tanggal 12 Oktober 1982. Perusahaan ini awalnya bernama PT Asuransi Bina Dharma Arta (ABDA). Sejak awal pendirian, perusahaan ini fokus memberikan pelayanan perlindungan risiko kerugian baik untuk institusi atau perusahaan, maupun individu. Pada tahun 1994, perusahaan ini berganti nama menjadi PT Dharmala Insurance. Meskipun demikian, perusahaan ini tetap beroperasi di bidang asuransi.Lima tahun kemudian, perusahaan ini berganti nama lagi menjadi PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk.  Dengan tetap mempertahankan wilayah kegiatannya di bidang asuransi. Nama  perusahaan yang biasa disingkat ABDA ini, terus dipertahankan sampai sekarang. Saat ini, orang  lebih mengenal perusahaan ini dengan nama Asuransi ABDA atau ABDA Insurance.

PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. merupakan perusahaan jasa asuransi umum pertama di Indonesia yang menjadi perusahaan terbuka. Perusahaan ini sudah mencatatkan diri di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya sejak 6 Juli 1989. Tidak butuh waktu lama, perusahaan ini melakukan berbagai penerbitan saham melalui right issue. Adapun tujuan penerbitan saham ini adalah untuk memperkuat modal dan meningkatkan pertumbuhan keuangan perusahaan.

Pada akhir tahun 2015, pemegang saham utama di PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. adalah sebagai berikut.

  • Barclays Bank PLC – MAPFRE Internacional SA, 20%
  • COUTTS and CO. Ltd Singapore, 19,12%
  • UBS Switzerland AG-UBS-AG-Diamond Millenium Ltd-204958402, 10,81%
  • Barclays Bank PLC Hong Kong – Wealth Management, 7,09%
  • DBS Bank LTD SG-PB Clients, 4,99%
  • DEUTSCHE Bank AG (Private Banking) Singapore A/C. 214601-4, 4,94%
  • Bank of Singapore Limited 2048834001, 4,22%
  • Sing Ling Perkasa , PT, 4,05%
  • Sakanusa Niagatama , PT, 3,72%
  • Greenpulse Corporation, 3,50%

Sesuai namanya, bisnis utama PT ABDA adalah di bidang asuransi. Asuransi kesehatan hanyalah salah satunya. Berikut ini produk-produk yang dulayani oleh asuransi ABDA.

  • Asuransi kendaraan bermotor yang meliputi asuransi kendaraan bermotor dan alat berat.
  • Asuransi Kecelakaan Diri dan Kesehatan, sesuai namanya meliputi asuransi kecelakaan diri dan asuransi kesehatan.
  • Asuransi Harta Benda meliputi asuransi kebakaran, rekayasa, dan miscellaneous.
  • Asuransi Pengangkutan, meliputi angakutan darat, laut, dan udara.
  • Penjaminan atau surety bond yang meliputi bid bond, performance bond, Advance payment bond, dan maintenace bond.

Produk Asuransi kesehatan ABDA mempunyai nama resmi Asuransi Kecelakaan Diri dan Kesehatan. Pemegang polis asuransi kecelakaan diri yang mengalami kecelakaan mendapat perlindungan jika mendapatkan luka, cacat tubuh, dan meninggal dunia. Sedangkan asuransi kesehatan ABDA fokus menyediakan asuransi kesehatan kumpulan untuk anggota institusi atau perusahaan tertentu.

Adapun payung asuransi yang diberikan berupa pertanggungan rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, rawat bersalin, kaca mata, dan medical check up. Peserta asuransi ini mendapat kesempatan untuk mengikuti asuransi kecelakaan diri. Kantor pusat Asuransi ABDA berada di plaza Asia, lantai 27, Jalan Jenderal Sudirman Kavling 59, Jakarta.

Meskipun begitu, khusus untuk divisi Asuransi kecelakaan diri dan kesehatan berada di lantai yang berbeda, yaitu lantai 26. Divisi ini dapat dihubungi melalui call centre 021 – 5140 1689. Nomor telepon lain yang dapat dihubungi adalah 021 – 5140 1688 (Hunting). Email Divisi Kecelakaan diri dan Kesehatan adalah mkt_ah@abda.co.id.

SHARE
Loading...
Previous articleLangkah Meraih Perlindungan Asuransi Kesehatan AIA
Next articleApa Itu Asuransi Kesehatan ACA