Beranda Budidaya Cara Budidaya Jeruk Manis yang Baik

Cara Budidaya Jeruk Manis yang Baik

Katipol.com – Cara Budidaya Jeruk Manis yang Baik, jeruk manis merupakan salah satu spesies jeruk yang sudah cukup terkenal dan banyak disukai oleh masyarakat, rasa jeruk yang manis dan juga segar merupakan salah satu penyebab jeruk manis ini banyak disukai. Jeruk manis ini dapat dikonsumsi secara langsung dan bahkan dapat juga diolah menjadi jus.

Jika anda ingin melakukan Budidaya Jeruk Manis ini alangkah baiknya terlebih dahulu anda mengetahui secara baik mengenai Tanaman jeruk manis ini, Jeruk Manis (Lat.; Citrus x sinensis) merupakan jenis jeruk yang diduga berasal dari daerah antara Assam, India, Tiongkok selatan atau Asia Tenggara. Pohon jeruk ini memiliki daun bersayap, berbau harum, pada ketiak daun terdapat duri dengan bunga putih kekuning-kuningan dan buah bulat, pada ujungnya terdapat lekukan-lekukan, rasanya manis, kulit buahnya sukar dikupas. Sumber : Wikipedia.com

Dan agar anda dapat berhasil dalam Budidaya Jeruk Manis berikut ini adalah Cara Budidaya Jeruk Manis yang Baik.

  1. Pemilihan Lahan Budidaya Jeruk Manis

Agar tanaman jeruk manis ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, pemilihan lahan budidaya merupakan hal yang sangat penting anda perhatikan, disarankan agar anda menggunakan lahan budidaya dengan ketentuan lahan yang berada di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi pada ketinggian kurang lebih 700 meter dari permukaan laut. Lahan yang diperlukan yakni yang terbuka, karena pohon jeruk manis dapat berproduksi secara optimal dengan sinar matahari yang banyak. Sementara untuk kriteria jenis tanah yang ideal yakni jenis lapisan tanah dalam dengan tekstur tanah lempung berpasir.

  1. Proses Pembenihan

Agar memperoleh hasil Buah Jeruk Manis yang terbaik, pemilihan benih atau proses pembenihan merupakan hal yang sangat mempengaruhi hasil buah yang terbaik. Bibit jeruk manis dapat Anda dapatkan di berbagai tempat yang khusus menyediakan berbagai macam benih tanaman. Sebagai tips bagi Anda dalam memilih benih yang bagus, hendaknya Anda memilih benih jeruk manis yang memiliki label bebas penyakit. Adapun ciri-ciri dari benih yang baik yaitu memiliki batang lurus berdiameter sekitar 1 cm, dengan tinggi kurang lebih 90 cm dari dasar kantung plastik polybag.

  1. Proses Penanaman Jeruk Manis

Sebelum melakukan penanaman terlebih dahulu anda harus memastikan bahwa lahan yang akan digunakan untuk proses budidaya sudah bersih dan terbebas dari gulma atau rumput pengganggu disekitaran daerah tanam. Teknik menanam jeruk manis yaitu dengan mengatur pola baris yang arahnya adalah dari timur ke barat. Cara tanam ini akan mempengaruhi sinar yang didapat oleh pohon jeruk agar lebih optimal. Cara menanam pohon jeruk yakni dengan membuat lubang tanam dan memasukan pohon atau benih jeruk kedalamnya, lalu ditutup dengan tanah bercampur pupuk kandang dan dolomite secukupnya.

  1. Proses Perawatan dan Pemanenan

Agar tanaman jeruk manis dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, anda harus melakukan perawatan secara teratur pada tanaman ini, perawatan yang dimaksud dalam budidaya ini adalah mengairi secara rutin, kemudian mengatur jumlah cabang (dengan pola 1 batang utama dengan tiga cabang utama yang masing-masing memiliki 3 cabang lagi), dan juga penambahan unsur hara untuk tanah.

Setelah proses diatas dilakukan dengan baik dan teratur, maka proses berikutnya adalah proses panen. Proses panen ini dilakukan setelah jeruk manis berusia kurang lebih 8 bulan sejak masa tanaman berbunga. Untuk proses panen ini sendiri dapat dilakukan dengan cara pemotongan tangkai buah dari pohon.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Budidaya Jeruk Manis yang Baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan Budidaya Jeruk Manis ini, selamat mencoba dan semoga sukses.

 

BERBAGI
Loading...
Artikel sebelumyaCara Budidaya Tomat yang Baik Bagi Pemula
Artikel berikutnya4 Tahapan Sukses Budidaya Sukun yang Baik