Home Bertani Cara Budidaya Wortel yang Baik

Cara Budidaya Wortel yang Baik

Katipol.com – Cara Budidaya Wortel yang Baik, seperti diketahui bahwa wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki manfaat yang cukup baik buat tubuh karena pada wortel banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena banyaknya manfaat dan memiliki rasa yang sangat enak, wortel ini diindonesia sudah banyak dijadikan oleh masyarakat indonesia sebagai kebutuhan pokok yang digunakan sebagai sayur saat makan.

Wortel merupakan sayuran yang sungguh menyehatkan, namun harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan, sehingga saat ini dia menjadi salah satu bahan konsumsi utama masyarakat sehari-hari.

Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Sumber : Wikipedia.com

Dan buat anda yang ingin melakukan budidaya wortel ini baik untuk konsumsi pribadi dan untuk dijual, berikut ini akan kami sajikan cara budidaya wortel yang benar.

  1. Pemilihan Lahan

Dalam Budidaya wortel pemilihan lahan merupakan faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sehingga lokasi yang paling ideal untuk membudidayakan pohon atau tanaman wortel yakni di wilayah dataran tinggi antara 1200 meter hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi bagi Anda sekalian yang tinggal di daerah yang lebih rendah, wortel juga diketahui juga bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut.

  1. Proses Pengolahan Lahan

Idealnya lahan yang digunakan dalam budidaya wortel ini adalah lahan yang memiliki tinggkat kesuburan tanah yang baik dan memiliki kandungan air yang cukup, karena secara umum tanaman wortel ini membutuhkan banyak air untuk dapat tumbuh dan berkembang. Tanah dengan PH tinggi juga dibutuhkan untuk menumbuhkan wortel, yang merupakan jenis tanaman umbi-umbian, dengan baik, sementara diketahui bahwa kebanyakan dataran tinggi di Indonesia memiliki PH tanah yang cukup rendah. Oleh karena itu kita perlu mengapur tanah supaya tingkat keasaman tanah tidak menghambat pertumbuhan umbi tanaman wortel. Setelah persiapan lahan selesai, maka kita bisa mulai menanam benih.

  1. Cara Menanam Wortel

Proses menanam wortel diawali dengan proses persemaian bibit, Sebelum ditanam, sebaiknya benih-benih tersebut direndam dengan air terlebih dahulu selama 12 jam atau 24 jam. Cara menanam benih wortel cukup mudah, kita tinggal menyebarkan benih di sepanjang bedengan yang telah kita buat. Untuk cara tanam yang lebih praktis, kita bisa menggunakan bantuan alat penugal untuk menanam benih-benih tersebut.

  1. Proses Pemeliharaan

Agar tanaman wortel ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka anda harus melakukan pemeliharaan tanaman secara rutin dan benar, agar wortel dapat tumbuh sesuai dengan yang diharapkan. Tanaman wortel bisa tumbuh sepanjang tahun, baik di musim hujan ataupun di musim kemarau. Jika udara dirasa sangat kering, maka kita harus segera mengambil tindakan untuk membuat kelembaban udara di sekitar tanaman tetap terjaga, bisa dengan menyiramkan air pada tanaman wortel. Proses pemberian pupuk dan pengendalian hama juga merupakan hal yang penting harus dilakukan agar tanaman wortel ini dapat tumbuh dan terbebas dari hama penyakit yang mungkin akan menyerang.

Demikian artikel kali ini Cara Budidaya Wortel yang Baik yang dapat kami sajikan, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi literatur yang berguna bagi anda pemula yang ingin mencoba budidaya wortel ini.

SHARE
Loading...
Previous articleTeknik Budidaya Matoa yang Benar
Next articleTips Budidaya Alpukat yang Baik