bpjs, bpjs ketenagakerjaan, mencairkan bpjs ketenagakerjaan
cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan

Katipol.com – Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan. Setiap orang pastilah memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan jika mereka tercatat sebagai pegawai swasta di suatu perusahaan baik swasta maupun pegawai negeri sipil atau PNS. BPJS Ketenagakerjaan ini berlaku untuk melindungi jaminan hari tua atau JHT untuk para karyawan. Tetapi, jika kita sudah berhenti dari sebuah perusahaan, tanggungan BPJS ketenagakerjaan kita ternyata bisa dicairkan menjadi uang.

Kita bisa mencari info untuk mencari cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan dengan datang langsung ke kantor BPJS terdekat ataupun mencari informasi lewat Call Center BPJS. Beberapa informasi yang disampaikan oleh pihak BPJS ketenagakerjaan pada umumnya kita harus menyiapkan beberapa dokumen yang harus dibawa untuk mencarikan uang JHT ataupun jaminan hari tua di BPJS Ketenagakerjaan.

Inilah beberapa cara mencaikan BPJS Ketenagakerjaan dengan Baik Dan Benar

Asal Dana BPJS Ketenagakerjaan

Jika kita adalah orang baru di dalam dunia kerja, kita akan diberikan menjelasan dan akan otomatis didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dari tempat kita bekerja. Untuk kita ketahui bersama, dana BPJS yang bisa kita cairkan untuk jaminan hari tua tersebut adalah sebetulnya hak kita karena dana itu berasa dari potongan 5,7% dari 2 persen gaji kita dan 3,7% yang dibiayai oleh perusahaan ataupun instansi pemerintahan. Jadi setiap pegawai pastinya akan menerima uang jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan dengan nominal yang berbeda sesuai gaji yang diterima.

Ada beberapa persyaratan yang harus kita ketahui dan siapkan untuk mencari cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan untuk menjadi uang. Beberapa persyaratan tersebut adalah sebagai berikut.

Membawa Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Kita bisa mencari cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan ke beberapa sumber terpercaya. Satu hal yang paling penting untuk mencairkan dana dari BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dijadikan waktu yang tepat adalah kita sudah tidak lagi terikat dengan perusahaan tempat kita bekerja ataupun sudah pensiun dari perusahaan tersebut.

Mencarikan dana BPJS Ketenagakerjaan setelah kita resign atau pensiun dari perusahaan bisa dilakukan agar uang yang tersimpan dan diambil akan lebih besar jumlahnya dibandingkan jika kita masih bekerja sebagai karyawan dalam perusahaan. Pada dasarnya, cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan untuk karyawan yang masih bekerja bisa kita dapatkan jika kita memang benar-benar membutuhkan uang untuk sebuah keperluan tertentu.

Hal ini memang opsional yang dilakukan oleh para karyawan ataupun mantan karyawan. Tetapi, kebanyakan dari mereka mencari cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan setelah resign ataupun setelah pensiun. Biasanya uang yang diperoleh diambil untuk keperluan usaha ataupun lainnya. Hal penting pertama untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan kita adalah dengan membawa kartu BPJS Tersebut. Kartu tersebut akan kita peroleh setelah kita terdaftar penjadi pegawai dalam perusahaan. Jadi pastikan kartu tersebut ada di tangan kita.

Membawa Kartu Identitas

Salah satu kartu identitas terpenting dalam keperluan apapun adalah KTP. Kita harus menyerahkan fotokopi KTP ataupun membawa KTP aslinya sebagai pelengkap dokumen pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk menjaga-jaga jika kita akan melakukan pendaftaran ataupun hal sejenisnya ke instansi pemerintahan ataupun swasta sebaiknya kita harus selalu menyiapkan fotokopi KTP di dompet kita karena hal ini sering diminta.

Membawa Kartu Keluarga

Kartu Keluarga ataupun KK sangatlah penting kita bawa untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan kita. yang harus disiapkan adalah fotokopi KK yang sudah ditandatangani sebelumnya oleh pihak kepala keluarga. Jangan terlalu mempas setiap fotokopi dokumen yang ada. Sediakan minimal 2 sampai 5 lembar fotokopi baik KK, KTP ataupun dokumen lainnya untuk keperluan di lain waktu.

Membawa Surat Keterangan Berhenti Kerja dan Pengunduran Diri dari Perusahaan

Surat ini penting dibawa ketika kita ingin mencairkan BPJS Ketenagakerjaan karena pihak BPJS akan mendata dari perusahaan mana kita berasal.

Menyiapkan Buku Rekening Bank

Mempersiapkan buku rekening bank diperuntukkan bagi kita agar dana yang diperoleh ditrasnfer ke salah satu bank yang kita punya. Jangan lupa untuk fotokopi buku tabungan tersebut untuk mengetahui cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa persiapan dokumen diatas haruslah disiapkan dengan sejelas mungkin agar ketika kita siap dan tidak merasa kekurangan untuk mencairkan dana dari BPJS Ketenagakerjaan.