Home Bertani Cara Budidaya Jeruk Lemon

Cara Budidaya Jeruk Lemon

Katipol.com – Cara Budidaya Jeruk Lemon, Jeruk Lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang sangat baik dan banyak mengandung vitamin c yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lemon (Citrus limon) merupakan salah satu buah-buahan citrus yang paling banyak digunakan di dunia, baik untuk keperluan konsumsi maupun non konsumsi. Sari lemon terdiri dari 5 hingga 6% asam sitrat yang membuatnya memiliki rasa asam. Lemon biasanya diolah menjadi jus, limun, pie, pancake, dll. Lemon juga dapat dijadikan campuran salad atau acar seperti banyak dilakukan di India, Pakistan, dan Timur Tengah.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Seperti buah-buahan citrus pula, ada berbagai manfaat lemon untuk kesehatan, di antaranya seperti tercantum berikut ini:

Mengatasi masalah pencernaan dan konstipasi
Sari lemon dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan konstipasi. Campurkan beberapa tets lemon padamakanan Anda. Lemon akan bertindak sebagai pencuci dan pembersih darah. Lemon juga baik diminum setelah makan untuk membantu melancarkan pencernaan.

Mengatasi flu, demam, dan infeksi tenggorokan
Seperti jeruk, sari lemon baik diminum untuk mengatasi flu, demam, dan pilek. Lemon dapat menurunkan demam dengan meningkatkan perspirasi. Vitamin C-nya juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit. Lemon pun sering digunakan untuk mengatasi infeksi tenggorokan karena senyawa antibakteri yang dimilikinya.

Mengatasi masalah gigi dan gusi
Sari lemon juga banyak digunakan dalam perawatan gigi. Di antaranya, lemon dapat membantu meredakan nyeri jika dioleskan di area yang mengalami sakit gigi. Memijatkan sari lemon pada gusi juga dapat menghentikan pendarahan. Lemon pun dapat digunakan untuk membersihkan gigi sehari-hari, sekaligus mencegah bau mulut yang disebabkan oleh masalah gigi dan gusi.

Budidaya Jeruk Lemon

Jika Anda sudah siap memenuhi kriteria tumbuh tanaman jeruk lemon di atas maka kini saatnya mencermati teknik budidaya jeruk lemon yang berurutan, dimulai dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan pemeliharaan serta pemanenan.
Penyiapan Lahan

Seperti layaknya bercocok tanam jenis pohon jeruk lainnya, Anda perlu menyiapkan lahan yang cukup luas untuk ditanami pohon jeruk lemon. Undukan tanah perlu Anda buat untuk ditanami masing-masing bibit dan berikan jarak antara tanaman jeruk lemon satu dengan lainnya.

Tips: Pilihlah cara tanam yang tepat dengan memperhatikan arah mata angin yang tepat agar sinar matahari dapat menempa langsung pohon jeruk lemon yang Anda tanami. Selain itu, pastikan agar air tidak menggenangi pohon jeruk lemon dengan cara membuat parit-parit kecil sebagai tempat mengalirnya air di kala hujan. Genangan air ini akan menurunkan kualitas dari buah lemon yang dihasilkan.

Perhatikan kedalaman lubang tanaman dan sesuaikan dengan akar bibit agar bibit dapat mencengkeram tanah dengan baik.
Pembibitan

Cara pembibitan dapat Anda lakukan dengan mendatangkan bibit yang terjamin kualitasnya dan diakui secara legal oleh negara. Pembibitan ini merupakan salah satu kunci penting dari kualitas buah yang akan dihasilkan. Untuk itu, kualitas bibit harus benar-benar Anda perhatikan dengan seksama.
Penanaman

Penanaman dapat Anda lakukan kapan saja karena pada dasarnya pohon jeruk mampu bertahan hidup di segala musim, asalkan cara menanam tepat dan syarat tumbuhnya terpenuhi. Teknik menanam dilakukan dengan menancapkan bibit ke masing-masing undukan tanah yang telah dibuat. Pastikan bibit buah jeruk lemon mendapatkan sinar matahari yang cukup dan air yang tidak berlebihan.
Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan maksimal 4x dalam satu tahun dengan menggunakan kombinasi pupuk yang direkomendasikan seperti pupuk kandang, TPK, ZK dan kompos. Tentunya pemberian pupuk ini harus dilakukan secara bijaksana dan tepat waktu.

Perawatan lain yang perlu diperhatikan adalah pengusiran hama tanaman yang dapat berupa lalat buah, ulat, tungau, dan masih banyak lagi. Anda bisa memasang jebakan untuk mengusir lalat buah atau menyemprotkan zat tertentu untuk menyelamatkan buah dari hama penyerang.

Jangan lupa bagi Anda yang ingin berbudi daya tanaman jeruk lemon, penebangan sebagian batang utama perlu dilakukan untuk peningkatan jumlah cabang sehingga produktivitas pohon jeruk lemon dapat terpelihara dan meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, jumlah buah yang terlalu banyak pada musim panen pertama dapat Anda pangkas untuk produktivitas buah di tahun mendatang.
Pemanenan

Pemanenan buah jeruk lemon dapat Anda lakukan saat buah benar-benar matang. Pasalnya, buah jeruk merupakan jenis buah yang hanya dapat mematangkan diri di pohon dan setelah dipetik maka ia akan berhenti melakukan proses pematangan. Usia buah yang ideal untuk dipanen adalah 30-36 minggu.

Demikian mengenai Cara Budidaya Jeruk Lemon semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

SHARE
Loading...
Previous articleCara Budidaya Pucuk Merah
Next articleCara Budidaya Leci