asuransi, asuransi unit link

Katipol.com – Asuransi unit link merupakan jenis asuransi non tradisional yang kini masih banyakd itawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi Indonesia. Jenis asuransi ini menyediakan 2 kantung untuk nasabah yang ikut produknya, yaitu kantung untuk proteksi yang dalam hal ini adalah asuransi an kantung untuk investasi.

Kantung asuransi tentunya digunakan untuk menjamin nasabahnya sesuai dengan produk yang dipilih. Sebut saja seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan lain sebagainya. Sedangkan kantung investasi, seperti namanya untuk dimasukkan ke produk investasi yang menjadi produk dari asuransi perusahaan tersebut.

Alokasi Dana pada Unit Link

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada asuransi jenis unit link terdapat dua kantung yang membagi uang setoran nasabah ke pihak perusahaan asuransi. Kantung pertama merupakan pengumpulan dana sebagai proteksi atau jaminan bagi nasaba. Artinya, uang setoran dari nasabah pada kantung pertama ini murni untuk menjamin nasabah sesuai produk asuransi yang dipilih.

Setoran nasabah untuk kepentingan proteksi ini dikenal sebagai biaya premi. Kemudian kantung kedua merupakan pengumpulan dana untuk investasi. Dana untuk investasi inilah yang disebut dengan unit link. Yang mana biasanya perusahaan asuransi yang menawarkan produk ini akan menempatkannya pada reksa dana yang digunakan.

Dalam pelaksanaannya, pemegang polis atau dalam hal ini disebut dengan nasabah asuransi akan dipersilahkan untuk memilih dimana dana investasi yang dibayarkannya bersama premi akan ditempatkan. Mengingat, jenis-jenis reksa dana pun cukup beragam, seperti reksa dana saham, campuran, reksa dana pendapatan, atau bahkan pasar uang.

Seperti yang sudah banyak diketahui, investasi dalam bentuk reksa dana ini erat kaitannya dengan pasar modal. Artinya, produk asuransi yang melibatkan investasi ini cukup rumit dipahami oleh orang awam. Kenyataannya juga bahwa banyak nasabah asuransi berjenis unit link ini sebelumnya tidak mengetahui seperti apa itu asuransi unit link yang diikutinya. Terlebih lagi, agen-agen asuransi yang memberikan produk unit link seringkali tidak memberikan secara rinci kepada nasabah mengenai hal tersebut.

Pada umumnya, perusahaan asuransi banyak menginformasikan mengenai tehnikal dana asuransi jenis ini disitusnya. Sehingga pada saat menerangkan mengenai produk asuransinya, para agen ini akan lebih fokus pada penawaran bukan menjelaskan bagaimana aliran dana setoran nasabahnya.

Produk Unit Link di Perusahaan Asuransi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, unit link merupakan salah satu jenis asuransi non tradisional. Artinya, produk asuransi ini termasuk ke dalam model modern dengan alokasi dana nasabah yang terbagi ke dalam dua kantung, yaitu kantung proteksi dan investasi. Artinya, ketika Anda mendaftarkan dan menentukan biaya premi maka hal tersebut sudah termasuk ke dalam investasi. Hal ini bisa saja sangat menguntungkan bagi nasabah asuransi. Mengingat, tidak hanya proteksi yang bisa didapatkan, tetapi juga investasi dari reksa dana yang dipilih sebagai penempatan dana ketika pendaftaran.

Dalam pelaksanaannya, porsi penempatan dana pada unit link ini bervariatif. Hal ini bergantung pada kebijakan nasabah serta pihak perusahaan asuransi yang menjadi agennya. Besaran porsi dana untuk proteksi dengan investasi bisa saja dibagi ke dalam dua bagian yang sama. Maka jumlah dana untuk investasi bisa jauh lebih besar pada reksa dana. Karena, biaya premi sudah dibayarkan sudah dikurangi dan pembayaran lainnya langsung ditempatkan pada reksa dana yang dipilih.

Beberapa perusahaan asuransi yang sudah terpercaya memiliki produk unit link dan berhasil di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Asuransi Sinarmas MSIG
  2. Asuransi Astra Avva Life
  3. CIMB Sunlife
  4. Asuransi SIMAS Jiwa
  5. AIA Finance
  6. Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha
  7. Asuransi Takaful Keluarga
  8. Asuransi AJB Bumiputera
  9. BNI Life
  10. Asuransi Cigna Indonesia
  11. Asuransi Great Eastern Life Indonesia
  12. Sun Life Finance
  13. Avrist Assurance
  14. Asuransi Commonwealth Life
  15. MNC Life
  16. Asuransi Jiwa Generali Indonesia
  17. Asuransi Tugu Mandiri
  18. Asuransi Amanah Jiwa
  19. Auransi Jiwa Centra Asia Raya

Selain perusahaan asuransi diatas, masih banyak perusahaan atau agen asuransi lain yang juga menawarkan produk unit link ini. Tidak hanya bermanfaat bagi nasabah, karena dapat menjadikan lahan investasi ketika menjaminkan atau mendaftarkan proteksi diri. Produk asuransi unit link juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan asuransi ketika ternyata dana investasi bisa tembus hingga angka yang tinggi.

Demikianlah pembahasan mengenai asuransi unit link yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat!