agen asuransi, closing nasabah, closing asuransi, premi asuransi

Katipol.com – Bagi agen asuransi, tips cepat closing asuransi menjadi hal yang penting untuk diketahui. Tidak seperti agen yang menawarkan kredit atau pinjaman dana, agen asuransi harus mengetahui tata cara yang baik untuk menawarkan jasa proteksi kepada calon nasabahnya. Closing yang merupakan sebutan untuk tahap penutupan ketika menawarkan suatu produk adalah hal yang menentukan penawaran akan diterima atau tidak. Maka dari itu, informasi mengenai cara cepat closing ini banyak dibutuhkan oleh agen-agen asuransi.

Strategi Sebelum Closing

Dalam pelaksanaannya, sebelum dilakukan tindakan closing, para agen harus mengetahui terlebih dahulu cara menawarkan produk pada calon nasabah. Cara penawaran ini tidak bisa dipisah dengan teknik closing yang nantinya akan menentukan keputusan final. Langkah-langkah strategi penjualan produk atau polis ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pendekatan Prospek Nasabah

Sebelum menawarkan polis pada calon nasabah, ada baiknya seorang agen asuransi mengetahui secara keseluruhan polis yang ditawarkan dan melakukan riset prospek nasabah yang akan menjadi sasaran. Seorang agen asuransi juga harus mengetahui cara prospecting yang baik dan tidak terkesan seperti sales produk umumnya.

  1. Membangun Kedekatan dengan Prospek Nasabah

Menawarkan produk asuransi tidak seperti menawarkan produk barang. Diperlukan pendekatan dan pengenalan khusus ketika akan mengajukan penawaran asuransi kepada prospek nasabah. Bangun kedekatan agar calon nasabah bisa secara terbuka mengemukakan apa masalah yang seringkali dihadapi. Dari sini, agen akan mengetahui apa yang dibutuhkan dan produk apa yang cocok ditawarkan.

  1. Presentasi Penawaran

Setelah mengetahui apa keluhan dan produk yang tepat makan agen haruslah mengemukakan penawaran produk yang cocok untuk calon nasabah. Pada tahap ini, agen sudah memasuki ranah closing yang penting keberadaannya.

  1. Strategi Mengatasi Penolakan

Setelah presentasi, akan ada dua kemungkinan dari calon nasabah, yaitu penerimaan dan penolakan. Jika nasabah meng-iya-kan, artinya closing sudah bisa dilakukan. Namun, jika penolakan agen asuransi harus masih menyiapkan strategi untuk mengatasi hal tersebut agar nasabah akhirnya bisa closing.

Pada intinya, strategi diatas merupakan rangkaian yang menentukan apakah penawaran bisa berhasil atau tidak. Yang disebut closing sendiri adalah bagaimana seorang agen bisa mendapatkan komitmen atau kesanggupan calon nasabah untuk membeli produk asuransi yang ditawarkannya.

Teknik closing sendiri saat ini sangatlah bervariatif. Beberapa di antaranya sudah terbukti ampuh dan dan berhasil mendapatkan penjualan yang tinggi. Berikut ini beberapa tips cepat closing asuransi yang bisa dipelajari.

5. Teknik Bertanya

Ketika seorang agen sudah melakukan pendekatan maka teknik yang paling baik dilakukan sebagai teknik closing adalah bertanya. Pancing calon nasabah atau prospek untuk menjawab semua pertanyaan dengan jawaban “YA”. Penelitian psikologis mengatakan, jika seseorang menjawab setidaknya 3 pertanyaan dengan jawaban ya maka pertanyaan selanjutnya akan dijawab dengan ya juga.

6. Teknik Persuasif

Teknik ini dikenal juga dengan menggiring prospek untuk turut serta dalam pola pikir yang dibangun oleh agen nasabah. Bangun pola pikir dengan cara emosional. Dengan begitu, prospek akan setuju dan mengiyakan segala yang ditawarkan.

7. Teknik Mengajak

Teknik ini dilakukan jika prospek sudah mengetahui apa yang ia butuhkan dalam hal proteksi dan mengetahui produk yang ditawarkan. Agen bisa langsung mengajukan form untuk diisi sambil dijelaskan bagaimana proses pengajuan ini akan berlangsung.

8. Teknik Gambaran Premi

Seringkali jumlah premi yang harus dibayarkan menjadi masalah atau kendala closing dari prospek. Hal ini harus dipahami betul oleh agen agar bisa diatasi dengan solusi penawaran yang lain. Menggambarkan harga premi seakan lebih kecil dibanding resiko tidak adanya proteksi asuransi, akan membantu

menyederhanakan pemikiran prospek tentang besarnya premi yang dibayarkan setiap bulan. Selain dapat mengundang prospek untuk akhirnya ikut dalam produk yang ditawarkan, teknik ini juga terbukti ampuh dalam teknik closing yang kini banyak dilakukan.

Demikianlah pembahasan mengenai tips cepat closing asuransi yang bisa dicoba. Beberapa teknik diatas bisa digabungkan dalam satu kali penawaran yang dilakukan agen. Teknik closing sendiri bisa disesuaikan dan dikembangkan oleh agen asuransi. Karena pada dasarnya, teknik closing sesuai dengan kejadian dan pengalaman di lapangan. Semoga bermanfaat!