jenis-jenis asuransi

Katipol.com – Jenis-jenis asuransi di Indonesia cukup beragam. Sedikitnya ada 10 jenis asuransi yang dikenal di Indonesia. Asuransi sendiri merupakan lembaga keuangan non bank meskipun pada kenyataannya banyak bank yang menawarkan produk proteksi di dalamnya. Dalam perkembangannya, asuransi juga sering dijadikan alternatif investasi yang baik serta meminimalisir risiko terhadap hal yang tidak terduga sebelumnya. Artinya, dengan asuransi masyarakat yang ikut serta, memiliki perlindungan terhadap apa tindakan yang dilakukan.

Proteksi yang diberikan oleh asuransi, bergantung pada risiko dan fokus yang dipilih oleh nasabah. Risiko dan fokus inilah yang membagi asuransi kedalam beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia.

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini dikenal dengan keuntungan financial yang didapatkan kepada pihak tertanggung atas kematiannya. Artinya, pemegang polis yang dalam hal ini adalah nasabah asuransi akan mendapatkan sejumlah dana ketika kematiannya datang. Namun, ada kemungkinan juga jika sebelum kematian, biaya premi bisa diklaim oleh pihak tertanggung.

Dalam pelaksanaannya, asuransi jenis ini bisa dibeli untuk kepentingan pribadi maupun pihak ketiga. Misalnya, seorang ayah mendaftarkan diri turut serta dalam program asuransi jiwa untuk anaknya ketika ia meninggal. Sehingga, pemilik sah dana klaim ketika ayah meninggal adalah anaknya.

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi ini dinilai penting adanya untuk semua orang dan kalangan. Seperti namanya, satu dari banyaknya jenis-jenis asuransi di Indonesia ini menangani masalah kesehatan pemegang polisnya, mulai dari pengobatan, perawatan, hingga kematian akibat kecelakaan. Banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi ini. Bahkan pemerintah Indonesia secara resmi menawarkan BPJS untuk masyarakatnya dalam hal kesehatan.

  1. Asuransi Kendaraan

Asuransi ini berfokus pada tanggungan cedera oranglain dan kerusakan kendaraan oranglain yang disebabkan oleh tertanggung. Asuransi kendaraan juga berfokus pada kehilangan atau kerusakaan kendaraan tertanggung yang didaftarkan. Dengan begitu, pihak tertanggung tidak perlu lagi khawatir dengan biaya kerusakaan, biaya rumahsakit atas kecelakaan, atau biaya lainnya yang berkaitan dengan kendaraannya.

  1. Asuransi Kepemilikkan Rumah dan Properti

Seperti namanya, jenis asuransi ini memfokuskan proteksinya ke asset rumah dan property yang ada di dalamnya. Berbagai macam bentuk kehilangan, kerusakan, hingga keamanan dari rumah dan propertinya akan dijaminkan oleh asuransi terhadap pemiliknya.

  1. Asuransi Pendidikan

Tingginya biaya pendidikan saat ini menjadikan asuransi pendidikan begitu penting adanya. Asuransi jenis ini menjamin pendidikan anak yang didaftarkan dapat terpenuhi dan secara keseluruhan bisa dicapai. Untuk biaya premi yang dibayarkan, bergantung tingkatan pendidikan yang diinginkan.

  1. Asuransi Bisnis

Asuransi jenis ini menjamin sebuah bisnis mendapat penggantian atas kerusakan, kehilangan, bahkan kerugian yang dialami oleh sebuah bisnis. Asset yang ada dalam bisnis juga terjamin keberadaannya oleh asuransi, termasuk di dalamnya asuransi jiwa seluruh karyawan, paket kesehatan, asset, dan lain sebagainya.

  1. Asuransi Umum

Salah satu jenis-jenis asuransi di Indonesia ini memfokuskan jaminannya untuk kerugian atau kehilangan atas hukum pada pihak ketiga. Ada dua klasifikasi yang membedakan jenis asuransi umum pada pelaksanaannya, yaitu asuransi sosial dan asuransi sukarela.

  1. Asuransi Kredit

Asuransi kredit dimaksudkan untuk lembaga keuangan, seperti bank dan lembaga pinjaman yang memberikan pinjaman kepada perorangan atau perusahaan. Asuransi ini melindungi lembaga pemberi pinjaman ini untuk mendapat ganti rugi atas kredit macet yang dilakukan oleh pihak peminjam. Salah satu pengelola asuransi kredit yang ada di Indonesia dan dipercaya oleh pemerintah adalah PT. Asuransi Kredit Indonesia.

  1. Asuransi Kelautan

Jenis asuransi ini memang khusus dibuat untuk pihak yang berkaitan erat dengan kelautan, seperti ekspedisi pengiriman barang, transportasi laut, dan hal lain yang berkaitan dengan laut.

  1. Asuransi Perjalanan

Asuransi ini menjamin nasabahnya dari mulai pemberangkatan hingga kembali pulang. Manfaat yang didapat oleh seorang pembeli premi asuransi ini adalah proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan, santunan kecelakaan, tanggungan biaya pengobatan, hingga pemulangan jenazah ketika pemegang premi meninggal dunia di vperjalanan.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis asuransi di Indonesia yang dapat disampaikan. Semua jenis asuransi diatas pada dasarnya memberikan proteksi atau perlindungan yang sangat bermanfaat untuk pribadi pemegang premi itu sendiri dan untuk agen asuransi yang menawarkan produk proteksi itu sendiri. Semoga bermanfaat!