Katipol.com – Hingga saat ini, jenis produk asuransi semakin bervariatif. Hal ini tentu saja mengikuti kebutuhan masyarakat secara umum yang pasti membutuhkan proteksi dalam segala tindakannya. Seperti yang sudah diketahui, adanya asuransi dalam kehidupan bermasyarakat tidak hanya sebagai proteksi atau pelindung, tetapi juga penjamin bahwa daam keadaan yang tak terduga. Asuransi juga bisa menjamin masa depan dapat berjalan baik. Salah satunya melalui produk asuransi pendidikan untuk anak atau asuransi jiwa.

Melihat pentingnya keberadaan asuransi dikehidupan kita, setidaknya ada jenis asuransi yang wajib dimiliki. Berikut ini, kami rangkum 5 jenis produk dari asuransi yang wajib dimiliki dan wajib dipegang oleh seluruh lapisan masyarakat.

  1. Asuransi Kesehatan

Seperti namanya, asuransi kesehatan merupakan proteksi terhadap kesehatan pemegang polis atau nasabah asuransi tersebut. Kesehatan merupakan hal paling penting bagi kehidupan. Namun, sangat disayangkan masyarakat banyak yang tidak menyadari akan hal itu. Ketika kesehatan tentu dibutuhkan pengobatan dan perawatan rumah sakit yang mumpuni. Seringkali pula, pengobatan dirumahsakit ini terkendala biaya yang tidak sedikit.

Jika Anda memiliki asuransi kesehatan, tentu hal tersebut tidak akan terjadi. Sebagai peserta asuransi kesehatan, Anda akan bebas melakukan pengobatan dan perawatan dirumahsakit. Karena berbagai pengobatan dirumahsakit akan diurus oleh pihak penanggung yang dalam hal ini adalah pihak perusahaan asuransi.

Di Indonesia sendiri, jenis produk asuransi kesehatan bisa dimiliki dengan mendaftarkan ke BPJS Kesehatan. Asuransi ini disediakan oleh pemerintah untuk menjamin seluruh pengobatan masyarakat Indonesia sesuai dengan jenis perawatan dan kelas yang tersedia.

  1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini memungkinkan pemegang polis mendapatkan perlindungan dan memberikan jaminan kepada hak waris tertanggung. Ketika pemegang polis meninggal dunia maka seluruh jumlah klaim aka diserahkan ke pihak hak waris terkait yang sudah disetujui oleh pemegang polis sebelumnya. Hingga saat ini, sudah banyak produk asuransi jiwa yang ditawarkan ke masyarakat.

Jenis asuransi jiwa lainnya semacam paket bundling dengan fasilitas kredit yang ditawarkan oleh pihak bank. Cara pembayarannya pun sama seperti membayar iuran kredit bulanan. Ketika nasabah membayar kredit maka sebagian dananya akan disimpan ke asuransi jiwa. Sehingga, ketika pemegang polis meninggal dunia, kredit yang masih menggantung akan diselesaikan oleh pihak penanggung atau pihak asuransi itu sendiri.

  1. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan seringkali diremehkan oleh masyarakat. Padahal, resiko dan fokus asuransi ini cukup besar andilnya dalam kehidupan bermasyarakat. Terutama bagi mereka yang memiliki kendaraan, terlebih kendaraan roda empat. Asuransi kendaraan, tidak hanya mencakup perlindungan pada keselamatan pengendaranya saja. Tetapi juga bertanggungjawab terhadap kerusakan atau kehilangan kendaraan itu sendiri.

Ada dua jenis produk asuransi kendaraan yang bisa dipilih oleh pemegang polis, yaitu asuransi kendaraan all risk dan asuransi total loss only (TLO). Jenis asuransi pertama memungkinkan pemegang polis mendapatkan ganti rugi terhadap kerusakan atau kehilangan meski dalam skala kecil. Sedangkan untuk jenis asuransi TLO, pihak penanggung yang dalam hal ini adalah perusahaan asuransi bertanggungjawab melakukan ganti rugi jika total kerugian mencapai 80% keatas.

  1. Asuransi Pendidikan

Seperti namanya, jenis asuransi ini memungkinkan pemegang polis menjamin kebutuhan pendidikan untuk dirinya maupun anggota keluarganya bisa terpenuhi. Seperti yang sudah banyak diketahui, biaya pendidikan terus mengalami peningkatan. Hal ini tentu saja harus dipersiapkan sejak dini, salah satunya dengan mengikuti asuransi.

  1. Asuransi Properti

Asuransi ini menjamin perlindungan kepada bangunan rumah dan asset yang ada didalamnya. Tidak hanya rumah yang sudah jadi dan ditinggali, asuransi ini juga bisa mencakup bangunan yang masih proses pembuatan. Ada dua jenis produk yang bisa dipilih untuk asuransi jenis ini. Yaitu asuransi all risk dan asuransi bagian asset saja. Sebagai pemilik rumah, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan yang diperlukan.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis produk asuransi yang dapat disampaikan. Sebagai tambahan saran, gunakanlah asuransi sesuai kebutuhan. Atur juga produk asuransi yang digunakan untuk menyesuaikan dengan jumlah premi yang harus dibayarkan. Jika kebutuhan perlindungan dirasa berisiko tinggi maka ada baiknya menggunakan jenis asuransi yang dapat meng-cover semua kebutuhan tersebut. Semoga bermanfaat!