asuransi, asuransi adalah, pengertian asuransi
pengertian asuransi adalah

Katipol.com – Mengetahui arti penting asuransi memang perlu diinformasikan kepada masyarakat luas. Terlebih lagi pengertian asuransi yang kini beredar hanya mencakup pada pembayaran premi dan klaim yang bisa diambil dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Padahal pengertian dari asuransi sendiri tidak hanya sebatas itu. Ada banyak cakupan yang bisa dipahami dari asuransi. Dari hal tersebut makan akan jelas tergambar bagaimana pentingnya seseorang untuk mengikuti asuransi.

Pengertian dari Asuransi

Secara umum, asuransi dapat diartikan sebagai penjamin atau alternatif untuk meminimalisir segala macam risiko yang mungkin saja bisa mengenai diri. Karena, dalam pelaksanaannya, asuransi memang dibutuhkan ketika suatu kejadian terduga menimpa terhadap seseorang, seperti sakit, kecelakaan, cacat, kehilangan, dan lain sebagainya.

Sebagai lembaga keuangan non bank, asuransi menurut Otoritas Jasa Keuangan adalah perjanjian yang dibuat oleh dua pihak, antara penyedia jasa dan pemegang polis untuk menanggung kerugian secara bersama. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara harfiah asuransi dapat diartikan sebagai pertanggungan.

Secara hukum, aturan asuransi telah diatur dalam Undang-undang (UU) Republik Indonesia dalam KUHD atau Kibat Undang-undang Hukum Dagang. Pada kitab tersebut, asuransi didefinisikan sebagai perjanjian yang melibatkan dua pihak atau lebih yang melahirkan keterikatan antara penanggung dan tertanggung. Penanggung adalah pihak yang menerima premi asuransi dari pihak tertanggung. Premi ini nantinya akan digunakan sebagai pergantian risiko yang terjadi pada pihak tertanggung.

Istilah-istilah dalam Asuransi

Setelah mengetahui pengertian asuransi, tidak lengkap rasanya jika tidak mengenal istilah-istilah yang ada di dalamnya. Pada penjelasan sebelumnya, dijelaskan secara terperinci mengenai arti dari asuransi itu sendiri. Namun, ada beberapa istilah dalam asuransi yang mungkin belum dimengerti. Beberapa istilah yang ada dalam asuransi di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Polis Asuransi

Istilah ini digunakan untuk menyebutkan perjanjian secara kontekstual yang dilakukan antara pihak perusahaan asuransi dan pihak anggota yang akan mendaftar asuransi. Di dalam polis biasanya akan disebutkan hak dan tanggungjawab kedua belah pihak dan juga besaran premi yang harus dibayarkan oleh pihak anggota.

  1. Premi

Premi bisa dikatakan sebagai iuran yang wajib disetorkan oleh nasabah asuransi sebagai penggantian jika risiko yang ada dalam polis terjadi pada nasabah. Besaran premi sendiri ditentukan dari besaran risiko tertanggung yang telah disepakati dengan pihak penanggung.

  1. Tertanggung dan Penanggung

Kedua istilah ini seringkali disebutkan di brbagai pembahasan asuransi. Istilah tertanggung digunakan untuk menyebut pihak yang menjadi anggota asuransi. Pihak tertanggung akan mendaftarkan jaminan atas risiko dirinya kepada pihak penanggung. Pihak penanggung sendiri merupakan sebutan untuk perusahaan asuransi, bisa juga untuk menyebutkan agen asuransi yang menerima pembayaran premi dari pihak tertanggung.

  1. Klaim Asuransi

Klaim asuransi merupakan istilah yang digunakan untuk proses pengembalian dana atau penggunaan dana premi oleh pihak tertanggung. Dalam pengertian asuransi, proses klaim asuransi ini dilakukan jika risiko pada pihak tertanggung menjadi tanggungjawab pihak penanggung.

Selain istilah-istilah di atas, ada juga istilah underwirtting yang bisa digunakan antara pihak tertanggung dan penanggung dalam proses yang tidak tertulis dalam polis.

Asuransi dari Sudut Pandang Sosial dan Finansial

Dalam perkembangannya, asuransi kini tidak hanya digunakan sebagai penjamin pihak tertanggung untuk mengatasi berbagai risiko yang bisa datang tanpa terduga. Asuransi juga kini bisa digunakan sebagai langkah alternatif untuk investasi yang cukup menguntungkan. Jika melihat dari sudut pandang berbeda, asuransi nyatanya memberikan manfaat bagi kehidupan sosial dan juga keuangan bagi pihak tertanggungnya.

Dari segi sosial, seperti pengertian dari asuransi sendiri yang menjadi pelindung bagi nasabahnya dari kerugian yang ditimbulkan risiko. Kerugian dari risiko ini pada dasarnya akan ditanggung bersama oleh pihak tertanggung dan penanggung. Pihak tertanggung membayar premi untuk risiko yang kemungkinan akan terjadi. Dan pihak penanggung akan mebantu menempatkan dana premi tersebut sebagai tabungan atas risiko yang terjadi pada tertanggung.

Sedangkan dari sudut pandang financial, asuransi dapat diartikan sebagai alat yang dapat membantu mengurangi risiko perekonomian. Dalam pelaksanaannya, proses pembantuan dalam risiko perekonomian ini dilakukan dengan cara menggandeng sejumlah unit, baik perorangan, perusahaan, dan lainnya agar risiko ditanggung bersama. Dengan dana yang terkumpul dari premi yang rutin dibayarkan tertanggung maka kerugian perekonomian dapat dibagi secara proporsional.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian asuransi dan penjelasan istilah di dalamnya, semoga bermanfaat!