fungsi asuransi, asuransi
fungsi asuransi

Katipol.com – Keuntungan Asuransi Fenomena saat ini, masyarakat Indonesia kebanyakan anti terhadap program asuransi yang ditawarkan. Padahal, keuntungan asuransi sendiri tidak hanya pada saat klaim berhasil dilakukan. Kenyataannya, asuransi dapat menjamin kelangsungan hidup lebih tertata dan bahkan bisa menjamin keberlangsungan hidup di masa depan.

Sebagai tambahan informasi, hingga saat ini banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produknya untuk menjamin hidup masyarakat. Mulai dari jaminan kesehatan, keselamatan, kerugian dalam berbisnis, pendidikan, hingga jaminan kendaraan bisa didapatkan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, asuransi bahkan bisa dijadikan lahan untuk berinvestasi yang hasilnya menguntungkan. Selain bisa menjadi proteksi, asuransi juga bisa menjadi alternatif dalam menjamin masa depan.

Keuntungan Mengikuti Program Asuransi

Sebelumnya, sudah sedikit dibahas mengenai manfaat dari asuransi. Meski target dari program asuransi ini adalah perorangan, namun pada perkembangannya keuntungan asuransi bisa merambah ke masyarakat luas. Seperti misalnya keuntungan asuransi sebagai invisible earnings. Fungsinya sebagai invisible earnings memungkinkan asuransi bisa menambah devisa kepada negara.

Devisa ini bisa dihasilkan dari aktivitas invisible export yang dilakukan perusahaan asuransi dalam mengelola dana dari nasabahnya. Aktivitas ekport juga bisa dilakukan dengan cara mengalihkan risiko yang dialami tertanggung ke pihak luar yang pada akhirnya dapat menambah devisa bagi negara. Devisa ini nantinya dijadikan sebagai pendapatan negara untuk membangun pertumbuhan dan kepentingan masyarakatnya.

Keuntungan asuransi yang telah disebutkan tadi bisa dicapai, karena program asuransi sendiri dibuat dengan beberapa tujuan positif. Tujuan dari asuransi tersebut di antaranya adalah;

  1. Jaminan Perlindungan

Asuransi memberikan jaminan perlindungan atas risiko-risiko yang bisa saja terjadi kepada anggotanya dengan sistem pemerataan biaya. Artinya, asuransi akan menanggung kerugian dari risiko yang timbul dari biaya premi yang dibayarkan dengan jumlah tertentu oleh nasabahnya.

  1. Jaminan Kredit

Tidak sedikit asuransi kini bekerja sama dengan pihak bank, ataupun sebaliknya. Akses peminjaman dana ke bank kini kian mudah. Hal ini akan membuat pihak bank semakin memperketat persyaratan peminjaman atau kredit yang diajukan oleh krediturnya. Dengan asuransi, bank sebagai pihak peminjam akan mendapat jaminan perlindungan atas agunan yang diberikan kepada pihak peminjam.

  1. Alternatif Investasi

Sudah sering dijelaskan bahwa asuransi bisa juga dijadikan lahan untuk berinvestasi. Investasi dalam asuransi ini bisa juga diartikan sebagai tabungan untuk menutup loss of earning power. Artinya, ketika suatu badan usaha atau perorangan sudah tidak lagi produktif bekerja maka asuransi ini bisa menjadi tabungan untuk digunakan ketika kegiatan usaha sudah tidak lagi dilakukan.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa asuransi memiliki fungsi dan manfaat yang menguntungkan bagi pesertanya. Selain itu, asuransi juga bisa menjadi sarana untuk mengalihkan risiko yang mungkin terjadi pada pribadi atau asset yang diasuransikan. Dengan begitu, keuntungan asuransi sedikitnya bisa menimimalisir kerugian dari risiko yang menimpa pesertanya.

Pentingnya Proteksi Lebih dari Asuransi

Dari penjelasan tujuan dan keuntungan yang didapat dari program asuransi maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa proteksi dari asuransi memang penting adanya. Selain itu, asuransi juga memiliki fleksibilitas terhadap risiko terhadap asset yang diasuransikan, baik itu diri sendiri maupun asset berharga lainnya.

Hingga saat ini, banyak jenis asuransi yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Seperti misalnya asuransi bencana, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi property, asuransi kendaraan dan lain sebagainya. Dengan mengikuti program asuransi ini, artinya Anda sudah menyiapkan masa depan dan meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

Bahkan, banyak pakar yang mengatakan bahwa kegiatan asuransi sama juga dengan kegiatan menabung. Kegiatan menabung ini dimaksudkan untuk mempersiapkan penyelesaian risiko yang terjadi. Di samping itu, adanya produk asuransi unit link memungkinkan peserta program ini turut serta dalam investasi pasar modal. Seperti yang sudah banyak diketahui, kebanyakan investasi dalam produk unit link ini melibatkan reksa dana sebagai tempat untuk berinvestasi.

Demikianlah pembahasan mengenai keuntungan asuransi yang dapat disampaikan. Jangan ragu untuk mendaftarkan diri sebagai pemegang polis diperusahaan asuransi terpecaya pilihan Anda. Risiko yang merugikan bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga. Dengan asuransi, Anda akan tenang menghadapi hal-hal tersebut. Semoga bermanfaat!